x

Tak Terduga, 2 Negara Besar Pernah Gagal Helat Asian Games

Sabtu, 8 September 2018 08:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Ajang multi event Asian Games kali ini berlangsung di Indonesia pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang siap menjadi arena para atlet bertanding.

Indonesia sendiri telah dua kali menjadi tuan rumah pagelaran Asian Games. Pertama tahun 1962 lalu yang kedua 2018 atau bisa dibilang 56 tahun kemudian baru menjadi tuan rumah lagi.

Ajang multi event se-Asia ini masih diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Asian Games sendiri pertama kali digelar di New Delhi, India, 4-11 Maret 1951 silam.

Baca Juga

Namun pada kenyataannya turnamen Asian Games ternyata pernah gagal untuk diselenggarakan. Tercatat ada dua negara yang tak berdaya melangsungkan Asian Games.


1. Korea Selatan

Bendera Korea Selatan.

Negara maju dari benua Asia, Korea Selatan ternyata pernah gagal menyelenggarakan kompetisi Asian Games pada 1970 silam. Saat itu Asian Games memasuki perhelatan keenam.

Rencananya kota Seoul, Korea Selatan akan menjadi tempat para atlet siap memperebutkan medali. Akan tetapi rencana tersebut batal karena ada ancaman serangan dari Korea Utara.

Baca Juga

Sehingga Asian Games keenam ini dipindah ke Bangkok, Thailand dengan dana dari Korea Selatan dan dipertandingkan pada 24 Agustus sampai 4 September 1970.

Tercatat ada 2400 atlet yang bertanding dari 18 kontestan yang turun di 13 cabang olahraga. Namun Jepang berhasil menjadi juara usai mengumpulkan 144 medali.


2. Pakistan

Bendera Pakistan.

Di sisi lain ada Pakistan yang juga tak bisa menghelat pagelaran Asian Games 1978. Saat itu ajang multi event olahraga ini memasuki turnamen kedelapan.

Pakistan gagal menggelar hajatan olahraga Asian Games karena sedang mengalami konflik dengan dua negara, yakni Bangladesh dan India pada saat itu. Sehingga Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia alias OCA) mencari negara lain yang siap menggelar Asian Games.

Baca Juga

Singapura kemudian ditunjuk menjadi tuan rumah, tak berani menjawab tantangan tersebut. Karena mereka juga sedang mengalami masalah keuangan.

Israel yang mengajukan diri langsung ditolak sekaligus tak diperkenankan mengikuti Asian Games dengan alasan politik. Hingga akhirnya Thailand dipilih kembali menjadi tuan rumah Asian Games 1978.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Sepak Bola serta Serba-Serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.COM.

Asian GamesKorea SelatanAsian Games 2018Multi-EventPakistanSerba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini