MotoGP

(FOTO) Penampakan Poster MotoGP Valencia yang Dinilai Meledek Lorenzo

Minggu, 9 Oktober 2016 00:15 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Ajang balap MotoGP musim 2016 hanya tinggal menyisakan empat seri lagi. Empat seri tersebut bakal berlangsung di Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia.

MotoGP Jepang berlangsung di Sirkuit Motegi, 16 Oktober mendatang. Seminggu berselang, MotoGP Australia yang digelar di Sirkuit Phillip Island akan berlangsung.

Selanjutnya, MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang bakal berlangsung seminggu kemudian. Lalu seri terakhir akan berlangsung di MotoGP Valencia dalam lingkaran Sirkuit Ricardo Tormo, tujuh hari berselang.

Meski MotoGP Valencia akan berlangsung sebulan lagi, panitia pelaksana sudah melakukan berbagai macam persiapan. Salah satunya membuat poster untuk meramaikan ajang balap MotoGP Valencia.


Poster MotoGP Valencia yang menuai kontroversi meledek Jorge Lorenzo.

Sayang, poster yang dibuat panitia pelaksana menuai kontroversi. Sebab, poster tersebut dinilai meledek sosok pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo.

Dikutip AS, gambar wajah Lorenzo ditaruh di bagian paling kanan dan berukuran kecil. Hal itu tentu mengindikasikan pembalap asal Spanyol tersebut merupakan driver pelengkap saja. Padahal, Lorenzo merupakan pemegang tiga kali gelar juara dunia MotoGP pada musim 2010, 2012, dan 2015.

Sedangkan, wajah pembalap Suzuki, Maverick Vinales yang belum pernah meraih gelar juara MotoGP, malah ditempatkan di bagian depan bersama Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Padahal, Marquez dari tim Repsol Honda, dan Rossi merupakan rekan setim Lorenzo adalah pembalap yang tengah bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia MotoGP musim ini. Selain itu, Marquez pemegang dua gelar juara dunia MotoGP (2013 dan 2014), dan Rossi sudah berhasil memenangkan tujuh gelar juara dunia (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009).


Poster MotoGP Valencia yang sudah diperbaharui.

Tak hanya itu, kesalahan lainnya juga muncul dalam gambar pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Pembalap Italia justru mendapat kesalahan desain yang cukup fatal, yakni masih mengenakan seragam hitam khas Monster Yamaha Tech3. Sebelumnya, Dovi memang sempat membela tim satelit Garpu Tala itu selama satu musim pada 2012 lalu.

Sadar menuai kontroversi, panitia pelaksana pun akhirnya mengganti desain poster. Mereka menempatkan gambar wajah Lorenzo sejajar dengan Marquez, Rossi, dan Vinales di bagian depan. Sementara, gambar Dovizioso sudah berseragam Ducati.

203