MotoGP

Cari Pengganti Rossi, Yamaha Didorong Rekrut Rider Tak Berpengalaman di MotoGP

Rabu, 5 Januari 2022 08:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Demi atasi kepergian Valentino Rossi, Yamaha diminta memburu juara dunia Superbike 2021 Toprak Razgatlioglu, meski rider Turki itu tak pernah tampil di MotoGP.

MotoGP 2022 menjadi musim yang unik bagi tim Yamaha. Pasalnya, pabrikan asal Jepang itu tak lagi diperkuat rider legendaris Valentino Rossi yang pensiun akhir  musim lalu.

Yamaha sendiri musim depan akan diperkuat oleh Fabio Quartararo sang juara dunia musim lalu serta Franco Morbidelli di tim pabrikan.

Sementara itu, di tim satelit yang kini berganti nama menjadi WithU Yamaha RNF, produsen berlambang garpu tala itu akan diperkuat Andrea Dovizioso dan Darryn Binder sebagai pengganti Rossi.

Kepergian Rossi sendiri diyakini takkan terlalu memengaruhi kekuatan Yamaha. Pasalnya, musim lalu rider Italia itu hanya finis di posisi 18 klasemen pembalap dengan 44 poin.

Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, bahkan menyebut Yamaha punya susunan pembalap yang kuat. Meski demikian, ia menyebut satu nama yang bisa membuat Yamaha tampil lebih kuat lagi.

“Yamaha adalah pabrikan dengan komposisi terkuat. Mereka punya tiga pembalap hebat yakni Quatararo, Morbidelli, dan Toprak Razgatlioglu,” katanya seperti dilansir GPOne.

Razgatlioglu sendiri memang membalap untuk Yamaha musim lalu. Meski demikian, ia tampil di ajang World Superbike, bukan MotoGP.

Prestasi Razgatlioglu sendiri terbilang sangat baik dengan memenangi gelar juara dunia Superbike 2021, sekaligus mengakhiri dominasi Jonathan Rea yang menang enam musim beruntun.