x

Mantan Bos Sirkuit Sepang Puji Rencana Parade Presiden Jokowi dengan Rider MotoGP

Selasa, 15 Maret 2022 06:29 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Mantan CEO Sirkuit Sepang, Razlan Razali, memuji rencana konvoi Presiden Jokowi dengan para pembalap MotoGP sebelum balapan di Sirkuit Mandalika. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Mantan CEO Sirkuit Sepang, Razlan Razali, memuji rencana konvoi Presiden Jokowi dengan para pembalap MotoGP sebelum balapan di Sirkuit Mandalika.

Akhir pekan ini, momen yang ditunggu-tunggu para penggemar otomotif di Indonesia akhirnya tiba. Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022, dengan tajuk MotoGP Indonesia.

Baca Juga

Rangkaian MotoGP Indonesia 2022 sendiri akan dimulai dengan sesi tes bebas pada hari Jumat (18/03/22), diikuti tes bebas dan kualifikasi di hari Sabtu, dan balapan di hari Minggu.

Meski demikian, sebelum mengaspal di Sirkuit Mandalika, ada satu acara lagi yang bakal diikuti oleh Marc Marquez dkk. Acara tersebut adalah parade bersama Presiden Jokowi di Jakarta.

Menurut rencana, acara parade tersebut akan digelar pada hari Rabu (16/03/22). Para pembalap akan lebih dulu dijamu oleh Presiden Jokowi, sebelum melakukan parade di mana Presiden juga akan mengendarai motor.

Baca Juga

Sebanyak 20 pembalap akan ikut serta, dengan 16 di antaranya merupakan rider MotoGP seperti Marc Marquez, Joan Mir, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Jorge Martin, hingga Andrea Dovizioso.

Sementara itu, 4 lainnya adalah 2 pembalap Moto2, serta 1 pembalap Moto3 dan 1 pembalap Asia Talent Cup. Pembalap Moto3 dan ATC tersebut merupakan rider Tanah Air yakni Mario Aji dan Veda Ega Pratama.

Rencana menggelar parade ini pun mendapatkan pujian dari mantan CEO Sirkuit Sepang, Razlan Razali, yang kini memimpin tim WithU Yamaha RNF.

Baca Juga

Ia menyebut parade tersebut menjadi acara yang tepat untuk memulai rangkaian MotoGP di Indonesia pada pekan ini.

“Akhir pekan balapan akan dibuka hari Rabu dengan acara parade  yang akan dipimpin oleh Presiden Indonesia di Jakarta Pusat, dengan diikuti 20 pembalap. Saya rasa acara itu adalah sambutan yang tepat untuk MotoGP,” kata Razali dilansir situs resmi WithU Yamaha RNF.


1. Puji Atmosfer MotoGP di Indonesia

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi kali pertama Tanah Air menjadi ajang balap tersebut setelah 25 tahun.

Seperti diketahui, pada 1996 dan 1997 lalu Indonesia memang pernah menjadi tuan rumah MotoGP. Namun, ketika itu balapan dilakukan di Sirkuit Sentul, Bogor.

Baca Juga

Razlan Razali pun memuji antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut kembalinya MotoGP setelah seperempat abad.

“Sudah 25 tahun sejak MotoGP digelar di Indonesia, yang kemungkinan pasar terbesar di Asia Tenggara dan negara terpadat keempat di dunia.

“Ketertarikan akan MotoGP di Indonesia sangat gila, dan kami sudah merasakannya sejak uji coba pramusim.”

Baca Juga

Lebih lanjut, mantan bos Sirkuit Sepang itu meyakini para pembalapnya di tim WithU Yamaha RNF akan meraih hasil baik dalam MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

“Kami mendapatkan hasil tes yang cukup baik di Mandalika beberapa pekan yang lalu. Dengan aspal yang baru saja dilapis ulang, kami harus mengeksplorasi ulang lintasan itu pada latihan bebas hari jumat.”

Tak hanya itu, Razali pun turut memberikan selamat kepada Indonesia terkait bakal digelarnya MotoGP di Mandalika dan yakin balapan di sirkuit tersebut bakal berjalan seru.

Baca Juga

“Saya ucapkan selamat kepada Indonesia karena menjadi tuan rumah MotoGP lagi untuk pertama kalinya setelah 25 tahun. Saya tak sabar kembali ke sana dan yakin itu akan jadi balapan yang menarik.”

Dua pembalap tim Razali, WithU Yamaha RNF yakni Andrea Dovizioso dan Darryn Binder sendiri sudah dipastikan akan ikut tampil dalam parade bersama Presiden Jokowi.


2. Lintasan Sudah Siap

Lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit telah siap untuk menggelar pekan balapan MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

Lintasan di Pertamina Mandalika International Circuit sudah siap digunakan untuk menggelar pekan balapan MotoGP Indonesia 2022 pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Hal ini dipastikan setelah sirkuit kebanggaan Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Barat tersebut diperiksa pihak FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional), Senin (14/03/22).

Pihak MGPA (Mandalika Grand Prix Association) juga sudah melakukan upaya antisipasi, yakni pemberian homologasi grade A sebelum race weekend seri kedua MotoGP 2022 dimulai.

Sementara itu, pengerjaan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sesuai permintaan FIM dan Dorna selama satu minggu penuh sudah selesai pada Kamis (10/03/22) kemarin.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria,  mengungkapkan bahwa pengerjaan aspal ulang ini merupakan bukti komitmen ITDC dan MGPA untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Baca selengkapnya: Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar Balapan MotoGP Indonesia 2022

MotoGPSirkuit SepangJokowiOtomotifSirkuit MandalikaBerita MotoGPBerita OtomotifMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini