x

F1: Resmi Pindah, Ini Alasan Aston Martin Datangkan Fernando Alonso untuk Gantikan Sebastian Vettel

Selasa, 2 Agustus 2022 17:35 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pebalap Alpine Fernando Alonso saat konferensi pers. Foto: REUTERS/Christinne Muschi

INDOSPORT.COM – Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Alpine, Fernando Alonso, memutuskan untuk pindah ke tim Aston Martin pada musim depan.

Fernando Alonso bergabung dengan Aston Martin untuk menggantikan Sebastian Vettel yang memutuskan untuk pensiun dari dunia balap menjelang digelarnya F1 Hungaria pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

Kepindahan pembalap asal Spanyol ini tentu saja mengejutkan banyak pihak. Sebab, sang pembalap kelahiran Oviedo, Spanyol ini sempat berkeinginan untuk pensiun pada musim depan.

Selain itu, kepindahan Fernando Alonso menuju Aston Martin terjadi secara cepat, tanpa adanya desas-desus apapun.

Alonso sendiri mengungkapkan bahwa dirinya masih ‘haus’ akan kemenangan, dan Aston Martin memiliki visi yang sejalan dengannya.

Baca Juga

“Tim Aston Martin ini jelas menerapkan energi dan komitmen untuk menang, dan oleh karena itu (Aston Martin) menjadi tim yang menarik di Formula 1 hari ini,” kata Alonso, dikutip dari The Guardian.

Sebenarnya, pembalap berusia 41 tahun ini sempat mengutarakannya untuk bergabung bersama Aston Martin pada musim Formula 1 mendatang guna menggantikan Sebastian Vettel.

Namun pada akhirnya, sang pembalap yang telah berhasil memenangkan banyak gelar ini, hijrah ke Aston Martin yang diyakininya mampu memberikan dorongan yang kompetitif pada musim depan.

Baca Juga

“Tidak ada seorang pun di Formula 1 hari ini yang menunjukkan visi yang lebih besar dan komitmen mutlak untuk menang, dan itu menjadikannya kesempatan yang sangat menarik bagiku,” kata Alonso. 

“Saya masih memiliki rasa lapar dan ambisi untuk berjuang menjadi yang terdepan, dan saya ingin menjadi bagian dari organisasi yang berkomitmen untuk belajar, berkembang, dan sukses.”


1. Alasan Kuat Aston Martin Ingin Datangkan Fernando Alonso

Pembalap Fernando Alonso mengaku akan mengikuti Reli Dakar 2020.

Pensiunnya Sebastian Vettel dari dunia balap F1 membuat tim Aston Martin kewalahan untuk mencari pengganti sang pembalap itu.

Keputusan cepat akhirnya diambil oleh Aston Martin dengan mendatangkan sang pembalap yang memiliki nama besar dalam dunia balap ini.

Baca Juga

Fernando Alonso secara resmi memperkuat tim Aston Martin usai menjalankan musim-musim luar biasanya bersama Alpine yang sejatinya masih memiliki kontrak satu tahun lagi. 

Kedatangannya ini dimanfaatkan dengan baik oleh Aston Martin guna mendongkrak nama Aston Martin dari segi bisnis di dunia otomotif.

Pemilik Aston Martin, Lawrence Stroll, menginginkan nama besar dalam perusahaannya saat peluncuran produk terbaru dari produsen mobil Inggris itu.

Baca Juga

Demi ambisinya itu, Stroll rela merogoh kocek yang besar demi perusahaan yang ia pegang dengan mendatangkan Alonso yang memiliki gaji besar di F1. 

Bukan hanya itu, pembalap berusia 41 tahun itu juga akan menjadi mentor bagi anak Lawrence Stroll yang saat ini juga menjadi pembalap di Formula 1, Lance Stroll.

Dengan kedatangan Alonso, Lawrence mengharapakan anaknya, Lance, menjadi salah satu pembalap unggulan Kanda dengan bakatnya yang sungguh mengesankan.

Baca Juga

Proses kepindahan Alonso ke tim yang baru saja membangun pabrik baru di Silverstone ini berjalan dengan cepat tanpa adanya bocoran sedikitpun.

Lawrence Stroll menawarkan semua hal yang diinginkan oleh Alonso, baik itu berupa durasi kontrak, uang, dan proyek yang menjanjikan, sehingga hal ini tidak bisa ditolak oleh sang pembalap itu sendiri. 


2. Sebastian Vettel Resmi Pensiun

Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1.

Setelah berbulan-bulan spekulasi, pembalap Jerman Sebastian Vettel akhirnya mengumumkan bahwa ia akan mengakhiri kariernya di F1 pada akhir musim 2022. 

Sementara para pembalap yang tersisa saat ini memiliki tanggung jawab kolektif untuk memastikan bahwa aktivitas Vettel dalam masalah sosial dan lingkungan dilanjutkan.

Kabar ini diumumkan melalui Instagram pribadi Sebastian Vettel pada Kamis (28/07/22) sore WIB. Awalnya, ia tidak memiliki media sosial dan membuat akun secara mendadak.

Dalam waktu beberapa jam saja, jumlah pengikut pembalap berusia 35 tahun tersebut sudah mencapai lebih dari 500 ribu. 

Akan tetapi, unggahan pertama yang dibuat Sebastian Vettel membuat banyak penggemar terkejut. Dia membuat video yang merupakan pengumuman soal keputusannya pensiun di akhir musim 2022.

"Dengan ini, saya mengumumkan pensiun dari F1 pada akhir musim 2022,” kata Vettel, Kamis (28/7/2022). 

Balapan F1 GP Abu Dhabi pada November 2022 mendatang dipastikan menjadi balapan ke-300, sekaligus terakhir dalam kariernya.

Sebastian Vettel tercatat sudah pernah meraih empat kali juara dunia F1 ketika memperkuat Red Bull pada 2010-2013. Ia juga pernah menghabiskan enam musim berseragam Ferrari sebelum bergabung dengan tim Inggris Aston Martin.

Baca selengkapnya

F1Fernando AlonsoSebastian VettelFormula 1Aston Martin

Berita Terkini