x

Update Hasil dan Klasemen F1: Verstappen Masih Meraja, Duo Mercedes Mulai Panas

Senin, 5 Juni 2023 06:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berikut ini adalah ulasan dan update klasemen sementara Formula 1 (F1) 2023 pasca balapan GP Spanyol pada Minggu (04/06/23) malam WIB. (Foto: REUTERS/Marco Bello)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah ulasan dan update klasemen sementara Formula 1 (F1) 2023 pasca balapan GP Spanyol pada Minggu (04/06/23) malam WIB.

Max Verstappen masih menjaga konsistensinya dengan memenangkan seri kelimanya musim ini dari enam race yang sudah digelar musim ini namun dominasi timnya, Red Bull, sepertinya mulai mendapatkan ancaman.

Duo pembalap Mercedes yakni Lewis Hamilton dan George Russell berhasil mengamankan peringkat kedua serta ketiga di GP Spanyol sekaligus memberikan hasil podium ganda pertama untuk tim mereka di 2023.

Sergio Perez yang biasanya finis di belakang Verstappen kali ini harus puas dengan menempati posisi keempat saja.

Sejak awal balapan, Max Verstappen yang menempati grid terdepan sirkuit Barcelona-Catalunya langsung tak terbendung. Carlos Sainz yang memulai race tepat di belakangnya langsung diasapi.

Baca Juga

Lewis Hamilton tidak kalah impresif. Meski start dari posisi kelima namun sang juara dunia tujuh kali sudah bisa memanjat dua strip lebih tinggi saat balapan baru memasuki lap delapan.

Padahal ia sempat mengalami benturan dengan Lando Norris di putaran pembuka. Justru sang wakil McLaren yang harus masuk pit karena kecelakaan tersebut dan mengganti part rusak mobilnya.

Baca Juga

Memasuki lap 15, Hamilton pun mulai menusuk ke peringkat kedua usai Sainz memutuskan untuk masuk pit. Satu putaran kemudian giliran Russell yang menyundul dan berada di posisi ketiga.

Sempat terjadi perubahan posisi pembalap ketika banyak yang memutuskan untuk melakukan pergantian ban juga pengisian bahan bakar namun big three yang dibangun Verstappen, Hamilton, dan Russell kembali memimpun sejak lap 34.

Verstappen kian tidak terbendung di sisa gelaran F1 GP Spanyol 2023 usai sempat mengungguli Hamilton 16 detik jauhnya dan mengunci podium pertama dengan lap tercepar 1 menit 16,330 detik.

Baca Juga

1. Duet Red Bull Masih Kuasai Raihan Poin

Duo pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez (kiri) dan Max Verstappen. (Foto: REUTERS/Mike Segar)

Usai kembali menjadi juara, praktis Max Verstappen pun masih menjadi driver dengan koleksi poin terbanyak di Formula 1 2023.

Pria asal Belanda tersebut duduk nyaman di puncak klasemen berkat raihan 170 poin. Di belakangnya ada sang rekan satu tim, Sergio Perez, yang menguntit dengan 117 angka.

Fernando Alonso juga masih berdiri di peringkat ketiga namun pembalam veteran milik Aston Martin tersebut tidak lagi bisa merasa aman.

Kumpulan 99 poinnya kini mulai diincar oleh duo Mercedes, Lewis Hamilton (87) dan George Russell (65), asal Inggris.

Baca Juga

Kemudian tanpa adanya kejutan urutan nomor enam dan tujuh ditempati oleh para driver Ferrari yang musim ini memang kesulitan dengan performa mobil mereka.

Carlos Sainz punya 58 poin sedangan Charles Leclerc terpaut 16 poin lebih sedikit dari sang rekan. Berikut ini adalah klasemen lengkap F1 2023 per Senin (05/06/23).

Baca Juga

1. Max Verstappen - (Red Bull Racing Honda RBPT) 170
2. Sergio Perez - (Red Bull Racing Honda RBPT) 117
3. Fernando Alonso - (Aston Martin Aramco Mercedes) 99
4. Lewis Hamilton - (Mercedes) 87
5. George Russell - (Mercedes) 65
6. Carlos Sainz - (Ferrari) 58
7. Charles Leclerc - (Ferrari) 42
8. Lance Stroll - (Aston Martin Aramco Mercedes) 35
9. Esteban Ocon - (Alpine Renault) 25
10. Pierre Gasly - (Alpine Renault) 15
11. Lando Norris - (McLaren-Mercedes) 12
12. Nico Hulkenberg - (Haas Ferrari) 6
13. Oscar Piastri - (McLaren-Mercedes) 5
14. Valtteri Bottas - (Alfa Romeo Ferrari) 4
15. Zhou Guanyu - (Alfa Romeo Ferrari) 4
16. Yuki Tsunoda - (AlphaTauri Honda RBPT) 2
17. Kevin Magnussen - (Haas Ferrari) 2
18. Alexander Albon - (Williams Mercedes) 1
19. Nyck De Vries - (AlphaTauri Honda RBPT) 0
20. Logan Sargeant - (Williams Mercedes) 0

Baca Juga
Lewis HamiltonFerrariFernando AlonsoMax VerstappenFormula 1Sergio PerezCarlos SainzAston MartinCharles LeclercRedBullGeorge RussellMercedes

Berita Terkini