x

Abah Grandong, Pria yang Makan Kucing, Terancam 2 Pasal Ini

Selasa, 30 Juli 2019 22:03 WIB
Penulis: TEMPO.CO | Kontributor: Clara Maria Tjandra Dewi H. | Editor: Clara Maria Tjandra Dewi H.
Kucing.

TEMPO.CO, Jakarta - Kapolsek Kemayoran Komisaris Syaiful Anwar mengatakan Abah Grandong, pria makan kucing hidup-hidup di video viral bisa dijerat pasal pidana.

Menurut Syaiful, pelaku yang saat ini masih buron itu mungkin akan dijerat dengan Pasal 490 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Pasal itu mengatur tentang ancaman hukuman bagi pembunuh hewan milik orang lain.

"Ancaman hukuman sembilan bulan penjara," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 30 Juli 2019.

Sebelumnya, Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kemayoran Ajun Komisaris Bambang mengatakan, pelaku juga bisa dijerat dengan Pasal 302 KUHP tentang hukuman bagi penganiaya binatang.    

Namun, dia mengatakan polisi baru akan menentukan pasal yang cocok untuk pria itu setelah menangkap dan melakukan pemeriksaan. "Untuk menentukan tersangka dan menahan orang, kita masih harus melakukan gelar perkara," kata dia.

Komisaris Syaiful Anwar menjelaskan, kejadian makan kucing itu bermula saat pria asal Banten itu dibawa oleh seseorang ke Jakarta untuk menjadi security objek bangunan berupa tembok di kawasan Kemayoran.

"Nah, tembok itu lagi menjadi sengketa," kata dia.

Syaiful mengatakan, di sekitar tembok ada beberapa pedagang kali lima yang berjualan dan menduduki sebidang tanah. Menurut dia, tanah itu tercatat sebagai milik Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran atau PPKK bukan milik orang yang memperkerjakan Abah. "Bapak itu dapat tugas dari pihak pendiri tembok, bahwa warung-warung ini harus tidak boleh berdagang lagi," kata Syaiful.

Saat menjaga bangunan sengketa itu, Abah mendapati setidaknya tiga pedagang yang beroperasi. Pelaku kemudian meminta para pedagang itu untuk mematikan lampu warungnya dan tidak beroperasi lagi. Namun, ada satu pedagang yang menolak perintahnya.

"Maka diambil kucing itu terus dimakan," kata Syaiful.

TEMPO.CO

Abah GrandongViral Pria Makan KucingKucing

Berita Terkini