In-depth

Siapa Raja Bulutangkis Sepanjang Sejarah SEA Games?

Sabtu, 13 Mei 2023 12:00 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Heru Firmansyah/INDOSPORT
Bukan Thailand atau Malaysia, ternyata Indonesia adalah negara dengan jumlah medali emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games. T Copyright: © Heru Firmansyah/INDOSPORT
Bukan Thailand atau Malaysia, ternyata Indonesia adalah negara dengan jumlah medali emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games. T

INDOSPORT.COM – Bukan Thailand atau Malaysia, ternyata Indonesia adalah negara dengan jumlah medali emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games. Total sudah 100 lebih medali emas yang diraih kontingen Merah Putih.

Gelaran SEA Games memang jadi salah satu event bagi para atlet Indonesia unjuk gigi di ajang internasional, terutama dari cabang bulutangkis yang sering naik podium.

Seperti diketahui, kekuatan bulutangkis Indonesia adalah salah satu yang terkuat tak hanya di kawasan Asia melainkan hingga level dunia.

Bahkan pada ranking BWF saat ini, selalu ada nama Indonesia dalam daftar 10 besar di semua kategori.

Khusus untuk nomor ganda putra, atlet Indonesia yang diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kini tengah memuncaki daftar ranking BWF dengan torehan 96,064 point.

Kembali ke ajang SEA Games, dalam sejarahnya tim bulutangkis Indonesia sudah mengharumkan negara lewat prestasi sejak pertama kali debut di tahun 1977.

Pada SEA Games edisi kesembilan yang berlangsung di Malaysia tersebut, tim bulutangkis Indonesia yang menurunkan beberapa nama besar seperti Liem Swie King, Tjun Tjun, Johan Wahjudi, dan Theresia Widiasuti sukses menyabet 4 emas dari sektor perorangan dan 2 emas beregu.

Prestasi tersebut masih terus berlangsung pada SEA Games berikutnya, bahkan di SEA Games 1981 Manila (Filipina) kontingen Merah Putih sukses menyabet seluruh emas dari cabang badminton baik untuk nomor perorangan maupun sektor beregu.

Tak cuma sekali, aksi sapu bersih medali emas oleh kontingen Indonesia cabor bulutangkis kembali dicatatkan saat SEA Games 1987 dan 1997 yang dihelat di Jakarta, serta edisi 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand.

Sejauh ini, belum ada satu negara pun yang bisa menyamai catatan Indonesia yakni menyapu bersih semua medali emas badminton SEA Games di berbagai kategori.

Bahkan untuk kategori perorangan, kontingen Indonesia sudah enam kali menyapu bersih medali emas SEA Games di berbagai nomor.

Ajang SEA Games yang jadi panggung Indonesia dalam memenangkan medali emas adalah tahun 1981, 1987, 1989, 1991, 1997 serta 2007.

Dari keseluruhan medali yang diraih, nomor ganda campuran jadi penyumbang emas terbanyak buat kontingen Merah Putih di SEA Games yakni sebanyak 19 medali.

Diikuti oleh ganda putri sebanyak 18 medali emas, tunggal putra (17 medali), ganda putra (15) serta tunggal putri (14).

Total sejak pertama kali ikut SEA Games tahun 1977 silam, Indonesia sudah mengoleksi 114 medali emas dari cabor bulutangkis.

Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari seluruh negara yang pernah tampil di SEA Games. Bahkan Malaysia yang jadi pesaing terdekat, sejauh ini baru mengoleksi 50 medali emas.

Berkaca dari statistik itu, tak heran jika Indonesia sampai saat ini masih dilabeli sebagai raja bulutangkis SEA Games.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan SEA GAMES 2023 dan Ayo Semangat Lagi bareng Indomie!