In-depth

Emas Bulutangkis Beregu Putra SEA Games Tercipta Memang 'untuk Indonesia'

Senin, 15 Mei 2023 12:13 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Heru Firmansyah/INDOSPORT
Rekor fantastis ditorehkan wakil Indonesia di ajang SEA Games 2023, terutama cabor bulutangkis beregu putra yang rutin selalu raih medali emas. Copyright: © Heru Firmansyah/INDOSPORT
Rekor fantastis ditorehkan wakil Indonesia di ajang SEA Games 2023, terutama cabor bulutangkis beregu putra yang rutin selalu raih medali emas.

INDOSPORT.COM – Rekor fantastis ditorehkan wakil Indonesia di ajang SEA Games 2023, terutama cabor bulutangkis beregu putra yang tampaknya ditakdirkan untuk selalu raih emas tiap turnamen.

Di gelaran SEA Games 2023 kali ini, tim bulutangkis Indonesia kembali berhasil membawa medali emas dalam kategori beregu putra usai mengalahkan Malaysia di partai final.

Pada partai puncak yang berlangsung di Morodok Techo National Sports Complex, Kamis (11/05/23) lalu, kontingen Indonesia berhasil menang telak dengan skor 3-1.

Sempat tertinggal lebih dulu setelah tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo kalah dari Leong Jun Hao, namun tiga wakil Indonesia berikutnya mampu sapu bersih kemenangan.

Di mulai dari ganda putra Bagas/Fikri yang sukses tumbangkan Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe, dilanjutkan dengan kemenangan Christian Adinata atas Lee Shun Yang serta ditutup lewat rubber game sengit antara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan kontra Chia Weijie/Liew Xun.

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil membalaskan dendam pada SEA Games 2021 lantaran hanya bisa raih medali perunggu pada saat itu.

Tak cuma mengembalikan nama baik Indonesia, torehan emas SEA Games kali ini juga kian membuktikan bahwa kekuatan bulutangkis Tanah Air masih terlalu superior di Asia Tenggara.

Khususnya untuk nomor beregu putra, di mana wakil Indonesia sudah mengoleksi 18 medali emas sepanjang keikutsertaan mereka di SEA Games.

Sejak pertama kali ikut berpartisipasi dalam nomor beregu putra di SEA Games 1977 silam, kekuatan bulutangkis Indonesia sudah langsung mendominasi sepanjang turnamen.

Terbukti, tim putra Indonesia yang dipimpin sejumlah nama tenar seperti Liem Swie King, Tjun Tjun, Christian Hadinata serta Ade Chandra langsung menyabet emas usai mengalahkan Thailand.

Setelah SEA Games 1977, secara beruntun tim putra Indonesia terus meraih medali emas secara beruntun dan baru terhenti di tahun 1989.

Akan tetapi, puasa medali emas tim putra bulutangkis Indonesia tidak berlangsung lama lantaran skuad Merah Putih kembali menyabet medali emas di SEA Games 1993.

Indonesia lagi-lagi meraih emas SEA Games beruntun dari tahun 1993 hingga 1999. Dominasi emas SEA Games Indonesia sempat dihentikan Malaysia pada tahun 2003 dan 2007.

Namun pada SEA Games 2004 hingga 2019, tim putra Indonesia tak pernah sekalipun absen di podium juara dan menyabet tujuh medali emas, termasuk 6 gelar beruntun pada 2007 sampai 2019.

Total sampai saat ini, tim putra Indonesia sudah menyabet 18 medali emas di ajang SEA Games. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari seluruh peserta wakil ASEAN.

Bahkan Malaysia yang jadi pesaing terdekat Indonesia, sejauh ini baru mengumpulkan 6 medali emas sepanjang SEA Games.

Tak cuma nomor beregu, secara perorangan pun wakil putra Indonesia sangat mendominasi di SEA Games dengan torehkan 17 medali emas sampai saat ini.

Berkaca dari rekor apik tersebut, tak heran jika Indonesia memang layak dinobatkan sebagai raja bulutangkis sepanjang era SEA Games.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan SEA GAMES 2023 dan Ayo Semangat Lagi bareng Indomie!