Diabaikan PBSI-nya China, Lin Dan Sambut Ajakan Lee Chong Wei Melatih Malaysia?

Rabu, 17 Mei 2023 19:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Shi Tang/Getty Images
Legenda bulutangkis China, Lin Dan, dikabarkan sempat menerima ajakan Lee Chong Wei Mei untuk melatih di China gara-gara jasanya tidak dibutuhkan negaranya. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Legenda bulutangkis China, Lin Dan, dikabarkan sempat menerima ajakan Lee Chong Wei Mei untuk melatih di China gara-gara jasanya tidak dibutuhkan negaranya.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis China, Lin Dan, dikabarkan sempat menerima ajakan Lee Chong Wei untuk melatih di China gara-gara jasanya tidak dibutuhkan di negara asalnya.

Kabar mengejutkan bahwa Lin Dan diminat melatih bulutangkis Malaysia ini diungkapkan langsung media di China, Sohu, pada Rabu (17/05/23).

Dalam beritanya, Sohu mengklaim bahwa Lin Dan telah didekati oleh rival sekaligus sahabatnya, Lee Chong Wei, dalam satu kesempatan.

Peraih medali perak tiga kali Olimpiade tersebut mengundang Lin Dan untuk melatih Malaysia sebagai konsultan teknis dengan gaji menggiurkan.

Baru-baru ini terungkap bahwa teman Lin Dan, Lin Chong Wei, mengundang Lin Dan melatih di Malaysia, dan terungkap bahwa tim bulu tangkis Malaysia mengundang Lin Dan menjadi konsultan teknis dengan tawaran banyak uang,” tulis Sohu.

Meski belum jelas, kabar kepergian Lin Dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan BL China. Jika menerima, artinya sang legenda akan menjadi musuh bagi negaranya.

Jika Lin Dan benar-benar bergabung dengan tim Malaysia, harus dikatakan bahwa dia akan menjadi lawan kuat China. Lagi pula, prestise Lin Dan dan kekuatan yang dibawanya sangat besar,” lanjut Sohu.

Diwartakan Sohu, BL China nampaknya tidak terima jika Lin Dan harus melatih di negara Lee Chong Wei, dan berharap CBA mencegah hal itu terjadi.

Di sisi lain, performa bulutangkis China saat ini cukup mengkhawatirkan, terutama di sektor tunggal putra yang kini hanya memiliki Shi Yuqi di peringlat 10 dunia pada ranking BWF.

Meski demikian, Sohu juga menggarisbawahi bahwa Lin Dan sampai saat ini masih belum mendapatkan kepercayaan bergabung kembali dengan tim nasional China.