Termasuk Wang Xiaoli, 8 Superstar Bulutangkis Putri China yang Putuskan Pensiun Dini

Jumat, 2 Juni 2023 17:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@goodbadminton_
Wang Xiaoli, legenda bulutangkis China. Copyright: © Instagram@goodbadminton_
Wang Xiaoli, legenda bulutangkis China.

INDOSPORT.COM – Terdapat delapan superstar bulutangkis putri China yang memutuskan pensiun dini salah satunya Wang Xiaoli.

Baru-baru ini dunia bulutangkis tengah digemparkan dengan pensiunnya Wang Yilyu dan Du Yue pada Kamis (1/6/23) malam WIB.

Nama Du Yue pun mengejutkan banyak pihak, mengingat dirinya terhitung masih muda yakni berusia 25 tahun namun sudah memutuskan untuk gantung raket.

Meski demikian, Du Yue bukan satu-satunya pebulutangkis putri asal China yang memutuskan untuk pensiun muda.

Menurut informasi tambahan dari Badminton Lovers (BL), @ghfrrr_ di Twitter, setidaknya ada delapan pebulutangkis China yang pensiun dini meski sedang di puncak kariernya selain Du Yue.

Delapan pebulutangkis putri China tersebut ialah Wang Xiaoli yang pensiun pada usia 26 tahun, lalu Wang Shixian (26), Bao Yixin (25), Huang Sui (25).

Lalu Yu Xiaohan yang gantung raket pada usia 25 tahun, Wang Lin (24), Li Yinhui (24) dan terakhir Tang Yuanting yang menjadi yang termuda alias pensiun pada 22 tahun.

Rata-rata atlet yang pensiun di usia muda sebagian besar karena harga diri yang tinggi. Beberapa ada yang merasa sudah tidak seproduktif seperti saat di masa jayanya, belum lagi cedera yang biasanya menjadi penghalang besar.

Contohnya saja Wang Xiaoli sendiri merupakan superstar yang bermain di ganda putri bersama Ma Jin dan Yu Yang, serta pernah menduduki peringkat 1 di ranking BWF pada 22 Mei 2014.

Wang Xioli juga berhasil meraih semua medali, dengan rincian dua medali emas di Kejuaraan Dunia 2011 dan 213, dua medali perak pada 2010 dan 214, serta perunggu di 2009. Namun ia hanya salah satu dari deretan pemain putri China yang pensiun dini seperti Du Yue.