Lee Zii Jia Masuk Proyeksi Olimpiade 2024 Meski Sedang Rehat, Malaysia Krisis Tunggal Putra?

Selasa, 20 Juni 2023 16:16 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Meski performanya tengah menurun, pemain tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, tetap masuk proyeksi Olimpiade 2024.

Penampilan Lee Zii Jia tengah menjadi sorotan. Sinar yang ditampakkannya saat menjuarai All England 2021 seakan lenyap ditelan bumi.

Torehan dua gelar World Tour dalam dua tahun terakhir tentunya bukan menjadi prestasi yang diharapkan dari pemain yang digadang-gadang menjadi penerus Lee Chong Wei tersebut.

Lee Zii Jia bahkan berturut-turut kalah di babak pertama dalam dua turnamen terakhir, Singapore Open 2023 dan Indonesia Open 2023.

Alhasil, peringkat pemain berusia 25 tahun tersebut menurun drastis. Berdasarkan ranking BWF terkini, Lee Zii Jia tercecer ke peringkat 13 dunia.

Melihat kondisi tersebut, sang pemain telah memutuskan rehat sejenak dari turnamen bulu tangkis guna mengembalikan performanya.

Namun, penampilan jeblok dan keputusan rehat Lee Zii Jia rupanya tak lantas membuat Malaysia mengeluarkannya dari proyeksi untuk Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Program yang diberi nama Road To Gold (RTG) tersebut masih tetap berisi nama Lee Zii Jia bersama deretan pemain lain seperti Ng Tze Yong dan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

"Baik Datuk Wira Lee Chong Wei dan saya telah menghubungi Lee Zii Jia secara langsung, begitupun dengan pelatih Wong Tat Meng," ujar koordinator program RTG, Datuk Stuart Ramalingam, dilansir dari New Strait Times.

"Kami akan memastikan bahwa dalam pertemuan selanjutnya dengan Lee Zii Jia, dia akan bertemu dengan pelatih anyarnya."

"Untuk sekarang, Lee Zii Jia akan tetap menjadi bagian dari RTG sampai ada komunikasi selanjutnya dengan pelatih baru. Sampai saat itu, tidak ada perubahan dalam statusnya," tuturnya menambahkan.