Terdegradasi dari PBSI, Tunggal Putra Karono Mengganas Juara di Luar Negeri

Selasa, 27 Juni 2023 16:31 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Badminton Indonesia
Usai terdegradasi dari pelatnas PBSI pada 2022 lalu, bintang bulutangkis Indonesia, Karono, yang hijrah ke Australia, kini mengganas juara di luar negeri. Copyright: © Badminton Indonesia
Usai terdegradasi dari pelatnas PBSI pada 2022 lalu, bintang bulutangkis Indonesia, Karono, yang hijrah ke Australia, kini mengganas juara di luar negeri.

INDOSPORT.COM – Usai terdegradasi dari pelatnas PBSI pada 2022 lalu, bintang bulutangkis Indonesia, Karono, yang hijrah ke Australia, kini mengganas juara di luar negeri.

Sekadar diketahui, Karono lahir di Sukoharjo 28 Februari 2000. Dia mencuri perhatian ketika menjuarai Jakarta Open Junior International Championships 2018. Ranking BWF-nya pun ikut terukir manis.

Karono kemudian dipinang oleh pelatnas PBSI di Cipayung dan kembali mencuri perhatian dengan segala raihan yang ditorehkan.

Apalagi ketika dia tampil gemilang di Simulasi Piala Thomas 2020 yang digelar oleh PBSI. Saat itu dia sukses merepotkan sejumlah bintang dari Jonatan Christie hingga Shesar Hiren Rhustavito.

Sayangnya, Karono tak cukup banyak mendapatkan kesempatan untuk bertanding di turnamen bulutangkis internasional.

Dilansir dari laman BWF, Karono pada tahun 2021 bahkan tercatat hanya mengikuti dua turnamen dari Bahrain International Series dan Bahrain Intenational Challenge dan hasilnya cukup buruk.

Sampai akhirnya kabar menggemparkan datang ketika Karono masuk daftar degradasi atlet PBSI per 2022 lalu. Pengidola Kento Momota itu sempat hilang kabar.

Namun dia tak menyerah dengan kariernya, dan tetap mengikuti beberapa kompetisi bulutangkis internasional, meskipun tak kunjung juara.

Jalan hidup Karono tak pernah menjauh dari sorotan. Dia pada akhir 2022 lalu kembali menghebohkan publik ketika hijrah membela sebuah klub di Australia, Pro Badminton.

Di Australia, pebulutangkis Indonesia yang sedang merajut di ranking BWF itu agaknya semakin bersinar ketika semakin intens menapaki podium juara.