Tunggal Putra Indonesia Kian Dominan, Media Asing Takjub Chico Aura Juara Lagi

Selasa, 27 Juni 2023 12:09 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media China takjub dengan pencapaian Chico Aura Dwi Wardoyo di Taipei Open 2023, yang kian membuat tunggal putra Indonesia mendominasi musim ini. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media China takjub dengan pencapaian Chico Aura Dwi Wardoyo di Taipei Open 2023, yang kian membuat tunggal putra Indonesia mendominasi musim ini.

INDOSPORT.COM – Media China takjub dengan pencapaian Chico Aura Dwi Wardoyo di Taipei Open 2023, yang kian membuat tunggal putra Indonesia mendominasi musim ini.

Selama beberapa waktu terakhir sebelum 2023, dominasi tunggal putra bulutangkis yang menjuarai World Tour hanya diisi oleh beberapa nama top di ranking BWF.

Contohnya saja raja bulutangkis tunggal putra asal Jepang, Kento Momota, yang tercatat begitu dominan di musim 2018 hingga 2020.

Begitu pun dengan juara Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen, yang nyaris memborong semua gelar penting pada musim 2022 lalu.

Namun fenomena itu mendadak berubah memasuki musim 2023. Meski Viktor Axelsen masih nangkring di puncak ranking BWF tunggal putra, namun dia tak sedominan musim lalu.

Dari 14 BWF World Tour 2023 yang sudah digelar sejauh ini, Viktor Axelsen baru dua kali menyegel gelar juara, yakni Malaysia Open (S1000) dan Indonesia Open (S1000).

Selebihnya, para tunggal putra dari berbagai negara silih berganti menyegel gelar juara, tiga di antaranya adalah Indonesia.

Tunggal putra Indonesia diketahui mendominasi secara jumlah medali juara sektor ini di ajang BWF World Tour 2023. Meskipun ini belum diklasifikan ke kategori turnamen.

Mereka adalah Jonatan Christie (Indonesia Masters), Anthony Ginting (Singapore Open), dan teranyar adalah Chico Aura Dwi Wardoyo (Taipei Open 2023).

Gelar juara dari Chico Aura Dwi Wardoyo di Taipei Open 2023 itu pun tak pelak langsung jadi sorotan media China, Aiyuke.