In-depth

Flashback Kejuaraan Dunia 2005: Saat Taufik Hidayat Beri Kekalahan Lin Dan dengan Skor 'Afrika'

Rabu, 28 Juni 2023 02:16 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Visual China Group via Getty Images
Di balik sempurnanya Lin Dan sebagai legenda dengan gelar terkomplet di dunia, dia pernah dipermalukan Taufik Hidayat di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005. Copyright: © Visual China Group via Getty Images
Di balik sempurnanya Lin Dan sebagai legenda dengan gelar terkomplet di dunia, dia pernah dipermalukan Taufik Hidayat di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005.

INDOSPORT.COM – Di balik sempurnanya Lin Dan sebagai legenda dengan gelar terkomplet di dunia, dia pernah dipermalukan Taufik Hidayat di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005.

Sudah bukan rahasia jika Lin Dan adalah legenda bulutangkis yang pernah bertengger di puncak ranking BWF sektor ganda putra. Gelarnya cukup komplet dan susah ditandingi siapapun.

Lin Dan adalah peraih emas Olimpiade sebanyak dua kali, juara dunia lima kali, hingga puluhan gelar Super Series atau BWF World Tour yang tak terhitung.

Namun di balik keperkasannya, dia memiliki kenangan buruk yang menghantuinya sampai dia memutuskan gantung raket pada Sabtu (4/7/20).

Kenangan buruk itu dihadirkan sang rival bebuyutan, Taufik Hidayat, di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005 yang berlangsung Anaheim, United States.

Taufik Hidayat sebenarnya tidak lebih unggul dari Lin Dan dalam total 17 kali perjumpaan mereka di turnamen bulutangkis internasional. Lin Dan dominan dengan 13 kali kemenangan.

Sementara Taufik Hidayat baru meraih empat kemenangan dari Lin Dan. Namun semua kekalahan Lin Dan dari Taufik Hidayat, terangkai dengan alur yang sangat tragis dan memalukan.

Di kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005, Lin Dan kalah dari Taufik Hidayat dengan skor telak 15-3 dan 15-7. Sungguh skor yang tidak mencerminkan dirinya sebagai tunggal putra ranking satu BWF.

Di gim pertama, Lin Dan tidak banyak melakukan serangan yang membuat Taufik Hidayat dengan leluasa memenangkan laga.

Pada gim kedua, Lin Dan sebenarnya sempat unggul jauh 7-3. Namun poin itu terkunci karena banyaknya kesalahan sendiri, yang membuat Taufik Hidayat menikung dan memenangkan laga.