Jatuh Bangun Atlet Muda NTB Gapai Cita-cita di Audisi Umum PB Djarum 2023

Senin, 3 Juli 2023 19:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Media PB Djarum
Peserta Audisi Umum PB Djarum 2023, Muhammad Makhsum, asal Mataram, Nusa Tenggara Barat. Copyright: © Media PB Djarum
Peserta Audisi Umum PB Djarum 2023, Muhammad Makhsum, asal Mataram, Nusa Tenggara Barat.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 981 pebulutangkis belia mampu melanjutkan langkah dalam proses rangkaian seleksi Audisi Umum PB Djarum 2023 yang diselenggarakan di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah. 

Setelah dinyatakan lolos screening tahap pertama, Minggu (2/7/23), ratusan atlet tersebut kembali unjuk performa terbaik di hadapan Tim Pencari Bakat pada screening tahap kedua, Senin (3/723), demi menjaga asa melaju ke babak turnamen. 

Pada screening tahap kedua, 981 peserta yang lolos terdiri dari 328 peserta (U-11 putra), 110 peserta (U-11 putri), 384 peserta (U-13 putra) , dan 159 peserta (U-13 putri). Salah satu remaja yang bertanding Muhammad Makhsum asal Mataram, Nusa Tenggara Barat. 

Sempat gagal ketika mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2022, peserta kategori U-13 ini tak patah semangat. Didampingi orang tua dan pelatih, dia kembali mencoba peruntungan untuk bergabung klub bulutangkis PB Djarum tahun ini. 

“Di Audisi Umum tahun lalu saya terhenti di tahap turnamen pertama, padahal tinggal selangkah lagi lolos ke babak final turnamen,” ungkap Makhsum. 

"Sebelumnya kekurangan saya itu suka mati sendiri di bola depan dan belakang. Tapi sekarang saya sudah coba mengembangkan diri dan mengatasi kelemahan saya itu," cetusnya.

Berbekal latihan secara rutin setiap hari selama sepekan di pagi dan sore hari, atlet asal klub PB Rudy optimistis melangkah hingga final turnamen Audisi Umum dan meraih Super Tiket. Terlebih, dia juga sempat menjadi semifinalis Bondowoso Open dan Blora Open. 

"Semoga latihan dan persiapan saya tidak sia-sia, sehingga tahun ini saya bisa lolos masuk klub PB Djarum,” kata atlet dengan ciri khas rambut kuncir ketika bertanding di atas lapangan tersebut. 

Di lain pihak, Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putra sekaligus Manajer Tim PB Djarum, Fung Permadi mengatakan, screening tahap kedua memberikan kesempatan bagi para atlet untuk unjuk kemampuan dengan durasi 10 menit di atas lapangan. 

Dalam kurun waktu tersebut, kualitas dan bakat atlet akan dipantau secara menyeluruh baik dari sisi teknik maupun mental, sebelum para atlet melanjutkan langkah mereka ke fase gugur. 

“Tim Pencari Bakat memberi kesempatan untuk peserta yang lolos dari screening tahap satu agar bisa lebih menunjukkan potensi mereka," ucap Fung di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (3/7/23). 

"Dengan durasi dua kali lipat dari tahap sebelumnya, pada screening tahap dua ini kami berharap bisa melihat lebih jelas lagi bakat mereka untuk kami loloskan ke tahap turnamen,” imbuhnya.