Tampil Beda, 'Anak Sulung' Hendra Setiawan Liu Yuchen Resmi Gabung Partai Komunis China

Senin, 3 Juli 2023 09:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© badminton
Atlet bulutangkis China, Liu Yuchen, resmi terjun ke dunia politik. Atlet yang kerap disapa anak sulung Hendra Setiawan itu bergabung sebuah partai komunis. Copyright: © badminton
Atlet bulutangkis China, Liu Yuchen, resmi terjun ke dunia politik. Atlet yang kerap disapa anak sulung Hendra Setiawan itu bergabung sebuah partai komunis.

INDOSPORT.COM - Atlet bulutangkis China, Liu Yuchen, resmi terjun ke dunia politik. Atlet yang kerap disapa anak sulung Hendra Setiawan itu bergabung sebuah partai komunis di negaranya.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Aiyuke bertepatan dengan hari ulang tahun ke-102 partai tersebut yang jatuh pada hari Sabtu (01/07/23) kemarin.

Pada  sesi rapat kongres partai komunis China di hari acara peringatan ulang tahun itu, semua anggota berkumpul untuk memberikan suara atas pengangkatan Liu Yuchen sebagai anggota dengan masa percobaan.

Ketua partai tersebut, He Hanbin, menyoroti prestasi dan pandangan ideologi Liu Yuchen dalam acara tersebut, serta "memlonco" sang pebulu tangkis apakah layak direkrut sebagai anggota.

Alhasil, setelah semua anggota memberikan suara bulat dalam rapat partai Liu Yuchen dinyatakan diterima sebagai anggota partai tersebut.

“Selama persiapan, saya memang berniat ingin menjadi anggota partai, secara aktif berkontribusi untuk kehormatan tim (bulutangkis China) dan negara,” ujar Liu Yuchen usai pengangkatan anggota.

“Saya membandingkan diri saya dengan konstitusi partai dan menemukan bahwa ilmu politik saya belum cukup, dan saya merasa perlu ada inovasi,” tambahnya.

Liu Yuchen juga bertekad dirinya akan belajar keras selama masa percobaan di bawah bimbingan dan bantuan dari cabang partai dan anggota partai lainnya agar bisa jadi anggota permanen.

Bergabung dengan partai politik tentunya bukan hal yang asing bagi atlet-atlet China, termasuk di bulutangkis.

Sebelumnya, partai tersebut sudah lebih dulu memiliki anggota sesama atlet bulutangkis seperti Zhou Haodong dan pelatih ganda putra timnas bulutangkis China, Chen Qiqiu.