In-depth

World Badminton Day Jatuh pada 5 Juli, Intip Asal Usul Hari Bulutangkis Sedunia

Rabu, 5 Juli 2023 11:10 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© badminton
Intip asal-usul hari bulutangkis sedunia yang jatuh pada hari ini, Rabu (05/07/23) yang ternyata memiliki sejarah kental dengan Indonesia. Copyright: © badminton
Intip asal-usul hari bulutangkis sedunia yang jatuh pada hari ini, Rabu (05/07/23) yang ternyata memiliki sejarah kental dengan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Intip asal-usul hari bulutangkis sedunia yang jatuh pada hari ini, Rabu (5/7/23). Ternyata sejarahnya memiliki keterkaitan dengan Indonesia.

Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang digandrungi masyarakat Indonesia karena sering mengharumkan nama Tanah Air di berbagai ajang internasional.

Maka dari itu, hari bulutangkis sedunia atau World Badminton Day yang jatuh pada 5 Juli yang turut menjadi tanggal berdirinya International Badminton Federation (IBF).

International Badminton Federation sendiri menjadi cikal bakal berdirinya induk organisasi Badminton World Federation atau Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Sementara itu, bagiamana sebetulnya sejarah dari bulutangkis itu sendiri? Mari mengulas asal usul cabang olahraga tepok bulu ini yang menjadi andalan Indonesia.

Bulutangkis merupakan olahraga yang dimainkan dengan kok dan raket yang berkembang di Mesir sekitar 2000 tahun lalu dan turut menjalar ke India dan China.

Olahraga ini semakin berkembang di Eropa setelah invasi Inggris ke beberapa negara di Asia dan banyak dimainkan oleh anak-anak di negara berjuluk The Black Country itu.

Bulutangkis semakin berkembang di negara Asia lainnya ketika Inggris menginvasi beberapa negara pada masa Perang Dunia II. Salah satunya adalah Jepang.

Karena semakin berkemang di negara-negara Asia, Inggris akhirnya menggelar kompetisi dan mengubah nama menjadi badminton karena digelar di gedung yang bernama Badminton House.

Memperingati hari bulutangkis sedunia, olahraga tepok bulu ini telah dimainkan oleh banyak negara bahkan turut serta memeriahkan beberapa ajang seperti Olimpiade serta telah berdiri organisasi BWF.