Gilas Jepang Tapi Dinodai Kartu Merah, Alwi Farhan Diminta Kurangi Kadar Tengil

Selasa, 11 Juli 2023 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Badminton Asia Junior Championships 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Badminton Asia Junior Championships 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Atlet bulutangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan diganjar kartu merah oleh wasit yang memimpin laga final Badminton Asia Junior Championships 2023. 

Indonesia lolos ke final Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023 atau Kejuaraan Asia Junior nomor beregu, Selasa (11/7/23), di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Indonesia berhadapan dengan Jepang di babak final. Awalnya, Merah Putih kalah di sektor ganda campuran, kemudian menang di sektor tunggal putri, skor 1-1.

Alwi Farhan dari sektor tunggal putra turun di game ketiga, menghadapi Yudai Akimoto asal Jepang.

Siapa sangka, saat berjuang membawa nama Indonesia di kancah bulutangkis Asia, bahkan sudah memasuki babak final, Alwi Farhan justru diganjar kartu kuning oleh wasit.

Tak sampai di sana, saat ingin mengganti shuttlecock yang terlihat rusak, Alwi Farhan justru diberi kartu merah oleh wasit. Ini jadi fenomena yang cukup langka di lapangan.

Alwi Farhan memang terlihat 'tengil' sejak hari pertama Kejuaraan Asia Junior 2023 di GOR Among Rogo, bahkan dijuluki 'Badut Mampang' oleh rekannya di Pelatnas PBSI.

Namun, pebulutangkis kelahiran Surakarta, 12 Mei 2005, itu tidak menyangka justru ia yang diganjar kartu merah oleh wasit, dan memberikan poin cuma-cuma untuk lawan.

Pada akhirnya, Alwi Farhan memang bisa meraih kemenangan atas Yudai Okimoto, tetapi dalam pertarungan tiga set, skor 21-13, 14-21, 21-14.

Namun, Alwi Farhan tidak puas membawa keunggulan atas Indonesia, karena akhirnya Merah Putih harus kandas 2-3 dari Jepang, sebab ganda putri dan ganda putra kalah.