In-depth

3 Fakta Unik Keganasan Mutiara Ayu Tembus Final Kejuaraan Asia Junior 2023

Sabtu, 15 Juli 2023 21:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Intip deretan fakta unik yang tercipta usai melesatnya Mutiara Ayu Puspitasari ke final Badminton asia Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023. Copyright: © PBSI
Intip deretan fakta unik yang tercipta usai melesatnya Mutiara Ayu Puspitasari ke final Badminton asia Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023.

INDOSPORT.COM – Intip deretan fakta unik yang tercipta usai melesatnya Mutiara Ayu Puspitasari ke final Badminton asia Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023.

Badminton Asia Junior Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023 adalah turnamen bulutangkis untuk menobatkan pemain junior terbaik (U-19) Asia yang sedang merajut ranking BWF.

Ajang ini sudah rutin digelar tiap tahun sejak 1997 di Manila, Filipina. Di tahun 2023, Badminton Asia Junior Championships digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Setelah menggelar nomor beregu campuran pada 7-16 Juli, Kejuaraan Asia Junior 2023 telah memasuki perebutan gelar juara nomor individu pada 12-16 Juli.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri mampu melesakkan tiga wakilnya di babak semifinal yang individu Kejuaraan Asia Junior 2023 pada Sabtu (15/7/23).

Mereka adalah Mutiara Ayu Puspitasari (tunggal putri), Alwi Farhan (tunggal putra), dan Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso (ganda putra).

Sayangnya, Alwi Farhan dan Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso harus kalah dengan lawannya masing-masing.

Sementara hanya Mutiara Ayu Puspitasari yang bisa meraih tiket ke babak final Kejuaraan Asia Junior 2023 usai mengalahkan pebulutangkis muda China, Shou Qun Yu, dengan skor akhir 22-20 dan 21-13.

Melesatnya Mutiara Ayu Puspitasari ke final Badminton Asia Junior Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023 itu tak hanya menyelamatkan asa Indonesia untuk menggapai juara di ajang ini.

Namun banyak fakta unik yang mampu diukir Mutiara Ayu Puspitasari usai memastikan diri lolos ke final menjumpai Kim Min-ji (Korea Selatan) besok, Minggu (16/7/23).

Fakta pertama adalah formasi semifinalis tunggal putri Kejuaraan Asia Junior 2023 diisi oleh negara yang sama dengan semifinal ajang ini pada edisi 2016.

Fakta kedua bahwa Mutiara Ayu Puspitasari akan menjadi pemain tunggal putri Indonesia kedua yang meraih medali dalam 10 edisi terakhir Kejuaraan Asia Junior untuk kategori U-19.

Pada edisi 2016 silam, tunggal putri Indonesia yang menyabet medali Kejuaraan Asia Junior 2016 adalah Gregoria Mariska Tujung.

Fakta ketiga adalah Mutiara Ayu bisa jadi tunggal putri Indonesia pertama yang menjuarai Kejuaraan Asia Junior sejak pertama kali digelar pada 1997. Pembahasan selengkapnya di halaman kedua.