Menang Tanpa Keringat di Australia Open 2023, Ahsan/Hendra Berhitung Untung-Rugi

Selasa, 1 Agustus 2023 17:08 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan di Australia Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan di Australia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Ganda putra senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berhasil lolos ke babak kedua Australia Open 2023 tanpa mengeluarkan keringat.

Pasalnya, sang lawan asal Kanada yakni Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman, urung datang ke lapangan dalam laga perdana Australia Open 2023 di Quay Center, Sydney Olympic Park hari ini, Selasa (1/8/23).

Alhasil, pasangan berjuluk The Daddies ini pun menang tanpa bertanding dan berhak melaju ke babak kedua turnamen bulutangkis berhadiah 420.000 dolar AS.

Menang tanpa mengucurkan keringat sedikit pun, Mohammad Ahsan bicara keuntungan atas kemenangan walk over di laga hari pertama Australia Open 2023 hari ini.

"Pertama kali dalam sejarah, saya menang WO (Walk Over). Lawan malah tidak datang. Ada keuntungannya, saya bisa menjaga kondisi. Istirahat saya jadi lebih banyak," ungkap Mohammad Ahsan.

Ya, memang bisa dibilang Ahsan/Hendra memiliki waktu rehat yang minim usai keduanya bertanding di turnamen sebelumnya yakni Japan Open 2023 hingga semifinal.

Dengan begitu, kemenangan WO atas wakil Kanada bisa dimanfaatkan oleh Ahsan untuk menyimpan stamina menjelang hari kedua Australia Open 2023 besok.

Di sisi lain, Hendra Setiawan mengatakan bahwa kemenangan tanpa bertanding ini juga membawa kerugian. Keduanya jadi tidak bisa beradaptasi dengan arena kejuaraan bulutangkis level super 500 ini.

"Kerugiannya, kami tidak bisa tes lapangan. Tak bisa beradaptasi dengan angin dan laju shuttlecock. Kerugian yang utama, kami nggak bisa mencoba lapangan," sesal Hendra.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab mundurnya wakil Kanada, yakni Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman, di hari pertama Australia Open 2023.