Rinov/Pitha Bongkar Trik Jitu Menangi Perang Saudara atas Dejan/Gloria di Australia Open

Rabu, 2 Agustus 2023 16:40 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, ungkap kunci sukses melaju ke babak 16 besar ajang Australia Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, ungkap kunci sukses melaju ke babak 16 besar ajang Australia Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, sukses melaju ke babak 16 besar ajang Australia Open 2023 usai memenangkan perang saudara.

Bertanding di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Rabu (02/07/23), Rinov/Pita berhasil menekuk rekan senegaranya yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di babak pembuka hari kedua Australia Open 2023 lewat rubber game dengan skor 14-21, 21-15, 21-15.

Dengan kemenangan ini, Rinov/Pitha berhak mengantongi tiket ke babak kedua turnamen bulutangkis BWF level super 500 itu.

Selepas pertandingan, Rinov Rivaldy menuturkan bahwa sejatinya performa ia dan Pitha belum sepenuhnya full saat gim pertama. Hal itu terbukti dari skor yang direngkuh keduanya tertinggal jauh dari Dejan/Gloria, yakni 14-21.

"Hari ini kami bisa main cukup bagus. Di gim pertama memang masih jelek. Suasananya seperti masih terbawa dari kekalahan di Jepang pekan lalu," terang Rinov Rivaldy, Rabu (02/07/23).

Kemudian memasuki gim kedua, diakui Rinov Rivaldy bahwa ia mulai bermain lebih tenang serta mendapati strategi baru dari sang pelatih. Alhasil, kemenangan di gim kedua dan ketiga pun sukses direngkuh oleh Rinov/Pitha.

"Tadi di gim kedua kami mencoba bermain nothing to lose saja dan malah berhasil.
Di gim ketiga kami diberi masukan pelatih agar lebih tenang dan percaya diri," jelas Rinov Rivaldy.

"Selain itu, tadi kami juga diuntungkan karena dua kali lawan dianggap salah oleh service judge," imbuhnya.

Di sisi lain, sang rekan duet yakni Pitha Haningtyas Mentari mengaku sejatinya ia sudah percaya diri untuk memenangi kembali perang saudara ini, mengingat kedua kubu ini sebelumnya sudah pernah bersua di ajang Swiss Open tahun lalu.

"Kami hanya fokus ke diri sendiri dan tak terlalu banyak berpikir. Selain itu, komunikasi di tengah lapangan juga lancar. Hanya, di gim pertama, kami masih sering mati sendiri," ujar Pitha.

Dengan kemenangan ini, rekor pertemuan keduanya pun menjadi 2-0. Pada pertemuan perdana di babak pertama Swiss Open 2023, Rinov/Pitha juga memenangi pertandingan dengan skor 14-21, 21-16, 21-11.