Target Minimalis Tunggal Putra PBSI di Kejuaraan Dunia 2023, Tanpa Ginting?

Rabu, 16 Agustus 2023 08:12 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pelatih bulutangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pelatih bulutangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih tunggal putra PBSI, Irwansyah, membeberkan target untuk Anthony Ginting dkk. di BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 yang bergulir di Denmark, 21-27 Agustus mendatang.

Sebanyak 350 atlet bulutangkis dunia dari 50 negara berbeda bakal saling adu skill demi memuluskan jalan menuju Olimpiade Paris 2024 sekaligus mendongkrak ranking BWF.

Total Indonesia menurunkan 13 wakil, termasuk tiga dari sektor tunggal putra, yakni Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

“Menurut saya, target pasti mau yang terbaik untuk juara. Tapi kami realistis saja, satu-satu untuk Jonatan, Chico, Ginting, persiapkan dulu strateginya,” ungkap Irwansyah di PBSI Cipayung, Jakarta, Senin (14/8/23).

“Kejuaraan dunia kan tidak gampang meskipun pemain bukan negara kuat. Insha Allah bisa bagus hasilnya. Bukan saya tidak mau mematok target, tapi satu demi satu lah. Mereka dididik untuk juara, tapi yang penting siap bertempur,” jelasnya.

Meski tak mematok target muluk, diakui coach Irwansyahbahwa seluruh anak asuhnya tetap serius mematangkan persiapan menjelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

“Persiapannya sangat bagus. Semua kondisinya prima dari latihan, fokus, strategi bermain kami sudah 100 persen,” kata pelatih berusia 49 tahun itu.

Lebih lanjut, Irwansyah juga mengatakan bahwa ia mendidik para pemain untuk siap bersua siapa pun di setiap pertandingan, termasuk Jonatan Christie yang langsung ketemu jagoan Malaysia, Lee Zii Jia, di babak pertama.

“Siapa saja lawannya, yang penting dari kami sudah siap. Hasil lihat nanti. Sampai latihan persiapan menuju kejuaraan dunia semua pemain kami sudah siap,” tegas coach Irwansyah.

“Jonathan ketemu Lee Zii Jia tidak mudah tapi dengan latihan saat ini sudah bisa. Setelah pulang dari turnamen terakhir di Australia, Jonatan langsung kembali mengembalikan kondisinya,” jelas Irwansyah.