In-depth

Deretan Atlet Top Dunia yang Tetap Bersinar Usai Pernah Dilarang Tanding BWF

Jumat, 18 Agustus 2023 11:24 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Mengulas deretan atlet top dunia yang sempat dilarang tanding Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), dari Greysia Polii hingga Lee Chong Wei. Copyright: © PBSI
Mengulas deretan atlet top dunia yang sempat dilarang tanding Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), dari Greysia Polii hingga Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM – Mengulas deretan atlet top dunia yang sempat dilarang tanding Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), dari Greysia Polii hingga Lee Chong Wei.

Selain Greysia Polii dan Lee Chong Wei, ada pula Kento Momota, hingga Lee Yong-dae. Mari membahas satu per satu kisah mereka yang bangkit dari keterpurukan dan kembali jadi bintang top bulutangkis.

1. Greysia Polii

Legenda bulutangkis Indonesia, Greysia Polii, tak hanya dikenal dengan gelarnya sebagai penyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dengan Apriyani Rahayu.

Beberapa tahun sebelum itu, Greysia Polii bersama pasangannya di ganda putri, Meiliana Jauhari, pernah mengalami masa kelam saat didiskualifikasi dari Olimpiade 2012 di London.

BWF mendiskualifikasi mereka bersama pasangan Korea Selatan Ha Jung-eun/Kim Min-jung, karena dianggap melakukan tindakan tidak sportif pada fase grup Olimpiade London 2012.

Diskualifikasi tersebut artinya Greysia Polii dan tiga pemain lainnya dilarang oleh BWF untuk melanjutkan pertandingan mereka di Olimpiade London 2012.

Tak hanya itu, buntut panjang dari kejadian itu adalah Greysia Polii dan Meiliana Jauhari dihukum larangan bertanding selama empat bulan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Sementara pemain Korea Selatan diketahui dihukum dua tahun dari federasi bulutangkis negaranya, sebelum dipangkas hanya menjadi enam bulan.

Meski dihujani larangan tanding, Greysia Polii khususnya, mampu bangkit dari keterpurukan dengan beragam prestasi mengagumkan.

Seperti medali emas Asian Games 2014 bersama Nitya Krishinda Maheswari, hingga puncaknya dia bisa menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

2. Lee Chong Wei

Seperti Greysia Polii, legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, pernah dilarang tanding oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) selama delapan bulan.

Usut punya usut, peraih tiga medali perak Olimpiade itu pernah terbukti menggunakan doping jenis dexamethasone setelah dia bertanding di semifinal Kejuaraan Dunia 2014.

Lee Chong Wei sempat berkata jika dia mengonsumsi obat-obatan tersebut pada 17 Juli 2014 karena menjalani rehabilitasi cedera lutut di klinik pribadi yang dirujuk Institut Olahraga Malaysia (NSI).

Meski larangan bertanding dari BWF sempat memutus asanya, Lee Chong Wei mampu bangkit dari keterpurukan menuju puncak dunia.

Terbukti, Lee Chong Wei kembali meroket di persaingan papan ranking BWF dengan raihan beragam gelar juara seperti perak Olimpiade 2016, emas Kejuaraan Asia 2016, dan masih banyak lagi.