The Next Carolina Marin Telah Lahir, Wakil Indonesia dan Jepang Dibabat Habis

Rabu, 23 Agustus 2023 17:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram @julianavianaa_
Juliana Viana Vieira, pebulu tangkis asal Brasil (Foto: Instagram @julianavianaa_) Copyright: © Instagram @julianavianaa_
Juliana Viana Vieira, pebulu tangkis asal Brasil (Foto: Instagram @julianavianaa_)

INDOSPORT.COM - The Next Carolina Marin telah lahir, sosok itu adalah Juliana Viana Vieira yang menjalani debut meyakinkan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 Denmark.

Sudah lama tak ada pemain tunggal putri asal Eropa/Amerika yang bisa menggebrak di usia muda. Sosok terakhir yang pernah mengguncang dunia adalah Carolina Marin.

Pebulu tangkis asal Spanyol, Carolina Marin pernah menyabet merali emas Olimpiade 2016. Saat itu ia baru berusia 23 tahun.

Sebelumnya, pebulu tangkis kelahiran 15 Juni 1993 itu juga menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2014 dan 2015. 

Sementara untuk gelar di regional Eropa dan BWF World Tour, sudah tak terhitung berapa banyak medali yang diraih oleh Carolina Marin.

Carolina Marin merupakan sosok 'anomali' pebulu tangkis tunggal putri asal Eropa, di tengah gempuran para pemain Asia yang terus mendominasi.

Kini, usianya sudah 30 tahun, usia yang cukup matang untuk seorang atlet tunggal putri. Ia juga beberapa kali terlibat cedera, sehingga permainannya pun ikut menurun.

Beruntung baginya, kini ada pebulu tangkis tunggal putri asal Brasil yang mulai muncul dan mematahkan dominasi pemain Asia. Ia adalah Juliana Viana Vieira.

Juliana pelan-pelan memantapkan dirinya di peringkat 73 di ranking BWF untuk sektor tunggal putri, dan ia main rangkap di sektor ganda putri, saat ini duduk di peringkat 60.

Juliana Viana Vieira tampil menggebrak di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. Ia sukses memulangkan Insyirah Khan asal Singapura dengan skor 21-9, 19-21, 21-14.