In-depth

Transformasi Luar Biasa Kunlavut Vitidsarn, Dari Kena Alergi Parah Jadi Juara Dunia

Selasa, 29 Agustus 2023 11:28 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© BWF Badminton
Sebuah transformasi inspiratif dari Kunlavut Vitidsarn, mampu bangkit dari alergi parah dan menjelma meraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. Copyright: © BWF Badminton
Sebuah transformasi inspiratif dari Kunlavut Vitidsarn, mampu bangkit dari alergi parah dan menjelma meraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

INDOSPORT.COM - Sebuah transformasi inspiratif dari Kunlavut Vitidsarn, mampu bangkit dari alergi parah dan menjelma meraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Belakangan ini Kunlavut Vitidsarn mampu mencuri perhatian kala dia berhasil memastikan diri menjadi Juara Dunia Bulutangkis 2023.

Pada final yang berlangsung di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, Minggu (29/8/23), atlet berusia 21 tahun asal Thailand itu mengalahkan wakil Jepang, Kodai Naraoka, 19-21, 21-18, 21-7.

Keberhasilan Kunlavut Vitidsarn tersebut menjadikan namanya sebagai tunggal putra Thailand pertama yang berhasil menjadi juara dunia.

Sebelum 2023, prestasi terbaik tunggal putra Thailand di Kejuaraan Dunia adalah raihan medali perak oleh Kunlavut Vitidsarn pada 2022 dan Kantaphon Wangcharoen pada 2019.

Memang harus diakui, sejak 18 bulan terakhir, prestasi apik Kunlavut Vitidsarn di dunia bulutangkis sangat sulit untuk dibendung.

Jika mau diuraikan lebih lengkap, di tahun 2022, sudah satu gelar juara dari tiga final yang berhasil dijajaki Kunlavut Vitidsarn.

Kemudian di tahun 2023, sudah ada tiga gelar dari empat final yang berhasil ditembus oleh Kunlavut Vitidsarn termasuk di Kejuaraan Dunia.

Selebihnya, kecuali karena cedera, Kunlavut Vitidsarn sangat jarang terdepak di babak-babak awal turnamen bulutangkis yang diikuti pada periode 2022-2023.

Konsistensi menjajaki turnamen demi turnamen tersebut membuat Kunlavut Vitidsarn secepat kilat menembus ranking tiga BWF.

Hal yang pasti, buah dari kerja keras dan kedisplinannya, Kunlavut Vitidsarn kini telah mewujudkan mimpinya meraih medali emas Kejuaraan Dunia.

Sebuah cita-cita yang sedari dulu didambakan meskipun mungkin saat itu terasa ‘tak masuk akal’ untuk menjadi kenyataan karena masalah kesehatan yang mendera Kunlavut Vitidsarn.

Ya, dilansir dari laman Badminton Unlimeted beberapa waktu lalu, Kunlavut Vitidsarn memang pernah memiliki alergi parah pada perubahan cuaca.

“Saat kecil saya punya alergi parah akibat perubahan cuaca. Saya pernah sampai harus opname di rumah sakit dan biaya yang dikeluarkan keluarga saya juga tidak sedikit,” ucapnya.