Breaking! Atlet Rusia dan Belarusia Boleh Ikut Turnamen Bulutangkis Tahun Depan

Rabu, 30 Agustus 2023 11:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© bwfsudirmancup
Atlet Rusia dan Belarusia diperbolehkan ikut turnamen bulutangkis BWF tahun depan meskipun harus sebagai “atlet netral perorangan”. Copyright: © bwfsudirmancup
Atlet Rusia dan Belarusia diperbolehkan ikut turnamen bulutangkis BWF tahun depan meskipun harus sebagai “atlet netral perorangan”.

INDOSPORT.COM - Atlet Rusia dan Belarusia diperbolehkan ikut turnamen bulutangkis BWF tahun depan meskipun harus sebagai “atlet netral perorangan” atau tanpa simbol dan identitas negara.

Izin ini dikeluarkan langsung oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pada hari Selasa (29/08/23), setelah dilakukan pemungutan suara oleh anggota dewan federasi tersebut.

Hal yang diputuskan oleh dewan BWF yakni kerangka aturan yang mengizinkan atlet Rusia dan Belarusia bertanding mulai Februari 2024 pada event yang hanya disetujui BWF.

BWF sendiri pertama kali melarang atlet Rusia dan Belarusia tampil di tur internasional karena dilatarbelakangi invasi Rusia terhadap Ukraina dan masalah keamanan.

Belarusia ikut dicekal karena negara tersebut dianggap sebagai antek utama Rusia selama invasi ke Ukraina.

Pada bulan April 2023 lalu, BWF memperpanjang sanksi larangan bertanding bagi atlet di kedua negara Eropa bagian Utara tersebut pada ajang World Tour musim ini.

Namun BWF kemudian menyelaraskan diri dengan rekomendasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengizinkan atlet dari kedua negara kembali berkompetisi sebagai atlet netral.

“BWF bekerja sama secara erat dan konstruktif dengan IOC mengenai masalah ini untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang kredibel, dapat diandalkan, dan holistik,” kata Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund dalam siaran persnya dilansir dari The Star.

“Kami merasa keputusan untuk mencabut skorsing terhadap atlet Rusia dan Belarusia yang memenuhi kriteria untuk berpartisipasi sebagai atlet individu netral merupakan langkah maju yang positif sebagai bagian dari upaya kami untuk mempromosikan perdamaian dan solidaritas,” Presiden BWF Poul-Erik Hoyer menambahkan.

Namun, apakah dicabutnya larangan bertanding untuk atlet Rusia dan Belarusia tetap membuat pebulutangkis dari kedua negara tersebut tak bisa tampil di Olimpiade Paris 2024?