In-depth

Melorot dari WR 1, Fajar/Rian Ikuti Jejak Nahas 3 Ganda Putra 'Numpang Lewat' Ini

Sabtu, 7 Oktober 2023 13:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengikuti jejak nahas tiga ganda putra ini usai tergusur dari peringkat 1 di ranking BWF usai Asian Games 2022. Copyright: © PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengikuti jejak nahas tiga ganda putra ini usai tergusur dari peringkat 1 di ranking BWF usai Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengikuti jejak nahas tiga ganda putra ini usai tergusur dari peringkat 1 di ranking BWF usai Asian Games 2022.

Bintang bulutangkis Indonesia yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus rela turun takhta dari peringkat 1 di ranking BWF pada pekan depan, Selasa (10/10/23).

Pasangan andalan Indonesia itu digusur oleh Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang berhasil melaju ke partai final Asian Games 2022.

Penampilan yang kurang memuaskan dalam beberapa turnamen terakhir menjadi salah satu faktor melorotnya peringkat Fajar/Rian di ranking BWF.

Di Asian Games 2022 sendiri, Fajar/Rian terhenti langkahnya di babak perempat final usai dikalahkan pasangan Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin dalam 2 gim langsung.

Namun, selain Fajar/Rian, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa pasangan ganda putra yang paling apes di peringkat 1 di ranking BWF, seperti Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae.

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi bisa dibilang menjadi ganda putra paling apes setelah berhasil bertengger di peringkat 1 dunia pada September 2022 lalu.

Kala itu, pasangan ganda putra Jepang itu berhasil menggusur takhta Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang telah bertengger di peringkat 1 sejak 2017 silam.

Penampilan yang cukup mengesankan pada musim 2021 dan 2022 menjadi salah satu faktor kedigdayaan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi melenggang ke peringkat 1 ranking BWF.

Bagaimana tidak, kala itu mereka berhasil meraih total 5 gelar juara di 2021/2022 seperti Denmark Open, Kejuaraan Dunia, BWF World Tour Finals hingga Malaysia Open.

Sayangnya, takhta Hoki/Kobayashi tak berlangsung lama. Pada Desember 2022, mereka secara resmi tergusur dari peringkat 1 dunia oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.