In-depth

Kisah Zhang Ning: Menerjang Cobaan Ekonomi, Rumah Tangga, hingga Jadi Legenda Bulutangkis China

Senin, 11 Desember 2023 14:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mengupas kisah inspiratif Zhang Ning yang berhasil menerjang kemiskinan dan melewati perceraian menyakitan untuk menjadi legenda bulutangkis China.

INDOSPORT.COM – Mengupas kisah inspiratif Zhang Ning yang berhasil menerjang kemiskinan dan melewati perceraian menyakitan untuk menjadi legenda bulutangkis China.

Diketahui, Zhang Ning lahir dari keluarga sederhana di Jinzhou, Liaoning, China, pada 19 Mei 1975. Dunia bulutangkis bisa dibilang sudah mandarahdaging sejak kecilnya menurun dari sang orang tua.

Dengan keterbatasan ekonomi, Zhang Ning masuk akademi bulutangkis Liaoning pada pertengahan 1989. Banyak pengorbanan dilakukan Zhang Ning.

Beruntung, pengorbanan itu sukses membuahkan hasil manis kala dia berhasil masuk ke pelatnas Asosiasi Bulutangkis China (CBA) dua tahun berselang.

Meski begitu, jalan hidup Zhang Ning tak langsung mudah. Kariernya di pelatnas bulutangkis China bahkan seolah tak berkembang hingga berpengaruh pada besar kecilnya hadiah yang diterima.

Zhang Ning bahkan harus menunggu tiga tahun lamanya sebelum akhirnya menyabet gelar juara di ajang French Open 1994.

Bahkan setelah itu, meski masuk skuat di kejuaraan bulutangkis beregu putri Piala Uber 1994 di Jakarta dan ranking BWF-nya melonjak ke top 12, namun masalah lain semakin rajin berdatangan.

Zhang Ning kerap tak diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penting bulutangkis, termasuk di ajang Olimpiade Atlanta 1996.

Kondisi itu membuat Zhang Ning rendah diri, hingga membuat dia kembali ke klubnya di Liaoning. Singkat cerita, karena ranking, Zhang Ning masuk kualifikasi Olimpiade Sydney 2000.

Sayangnya, dia gagal tampil karena kena skorsing. Skorsing yang diterima Zhang Ning lantaran dia terlambat datang ke pelatnas Asosiasi Bulutangkis China (CBA).