x

‘Tenggelam’ Sebelum Juara Korea Masters, Tunggal Putra Ranking 995 Dunia Ternyata Sempat Mau Pensiun

Senin, 18 April 2022 14:33 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Pasca namanya tenggelam bertahun-tahun hingga sukses juara di Korea Masters 2022, tunggal putra ranking 995 dunia, Jeon Hyeok Jin, ternyata hampir pensiun dini.

INDOSPORT.COM – Pasca namanya tenggelam bertahun-tahun hingga sukses juara di Korea Masters 2022, tunggal putra ranking 995 dunia, Jeon Hyeok Jin, ternyata hampir pensiun dini.

Perlu diketahui, baru saja selesai digelar turnamen bulutangkis level 300 bertajuk Korea Masters 2022 di Yeonju, Stadium, pada 12-17 April.

Baca Juga

Pada 5 sektor yang dipertandingkan, telah menemukan juaranya masing-masing. Di antara dominasi China yang mengirimkan 5 wakil di partai final, Minggu (17/04/22), tuan rumah berhasil juara umum.

Korea Selatan tampil perkasa dengan menyabet 3 gelar juara dan 1 gelar runner up. Gelar juara dipersembahkan oleh Jeon Hyeok Jin, Kim So-yeong/Kong Hee-yong, dan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang.

Sedangkan 2 gelar juara lain  di Korea Masters 2022 didapat oleh wakil China yaitu Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan He Bing Jiao.

Baca Juga

Dari rentetan hasil final Korea Masters 2022 tersebut, kesuksesan Jeon Hyeok Jin menyabet gelar juara menjadi salah satu yang menarik untuk dibahas.

Betapa tidak. Datang sebagai tunggal putra ranking 995 dunia, Jeon Hyeok Jin yang ‘tenggelam’ namanya selama beberapa waktu terakhir, justru finish sebagai juara.

Pebulutangkis Korea Selatan berusia 26 tahun itu sukses menumbangkan wakil Jepang, Kodai Naraoka, dengan straight set, 17-21 dan 16-21.

Baca Juga

Gelar juara di Korea Masters 2022 menandai comeback-nya Jeon Hyeok Jin yang sudah mandul gelar sejak 5 tahun terakhir. 

Gelar itu juga menjadi hadiah usai dia hiatus selama 2 tahun terakhir karena cedera. Bahkan, karena dilanda cedera panjang, membuat Jeon Hyeok Jin sempat ingin pensiun dini atau gantung raket.


1. Sempat Mau Putuskan Pensiun

Setelah 5 tahun menanti, atlet bulutangkis Korea Selatan, Jeon Hyeok Jin, bersyukur dengan kemenangannya di ajang Korea Masters 2022.

Dilansir dari laman Badminton Korea, setelah All England 2018, Jeon Hyeok Jin memang menghilang dari kompetisi bulutangkis internasional karena cedera yang dideritanya.

Tunggal putra yang sempat menduduki peringkat 18 dunia itu, kemudian melakukan berbagai upaya penyembuhan yang menghabiskan waktu beberapa tahun lamanya.

Baca Juga

Hal itu membuat ranking dunianya merosot tajam hingga ke posisi 995 dunia. Jeon Hyeok Jin secara terang-terangan sempat terpikir untuk segera pensiun.

“Saya pernah cedera parah, dan berpikir untuk menyerah pada karier saya,” ucap Jeon Hyeok Jin melansir laman Badminton Korea.

Berkat kerja keras menyembuhkan cedera, Jeon Hyeok Jin kemudian comeback pada kejuaraan bulutangkis beregu 2021. Dia memperkuat tim Korea Selatan untuk Piala Sudirman 2021 dan Piala Thomas 2020.

Baca Juga

Penampilannya pun cukup gemilang, dengan meraih 3 kemenangan dan 3 kekalahan selama diturunkan. Hal itu membuat Jeon Hyeok Jin juga dipercaya masuk skuat Korea Selatan di Badminton Asia Team Championship 2022.

Dalam 3 kali penampilannya, Jeon Hyeok Jin hanya sekali kalah saat ditumbangkan Chico Aura Dwi Wardoyo dengan rubber set.

Kini, Korea Masters 2022 menjadi debut pertamanya di ajang individu yang mampu membuat namanya tercatat sebagai sang juara.

Baca Juga

Dengan penuh emosional, dalam wawancaranya pasca menjuarai ajang Korea Masters 2022, Jeon Hyeok Jin mengungkapkan rasa syukurnya.

“Saya senang telah memenangkan Korea Masters (2022) lagi.” ucap Jeon Hyeok Jin dengan penuh rasa haru usai pertandingan.

“Saya akan mencoba untuk menunjukkan kepada Anda sisi yang lebih baik daripada sebelumnya,” pungkasnya dengan penuh keyakinan.


2. Tunggal Putra Malaysia Main Baik di Korea Masters 2022

Tunggal putra Malaysia, Soong Joo Ven, bidik misi khusus pasca menembus semifinal Korea Masters 2022.

Tak hanya Jeon Hyeok Jin, pebulutangkis tunggal putra independen Malaysia, Soong Joo Ven, juga bangga bisa comeback dengan hasil baik di Korea  Masters 2022.

Pemain bulutangkis ranking 68 dunia itu sukses menembus semifinal Korea Masters 2022 sebelum dikalahkan Kodai Naraoka dengan skor 17-21, 23-21, 11-21 selama 1 jam 25 menit.

Hal itu menjadi salah satu motivasi untuk Soong Joo Ven yang tengah terpuruk selama beberapa waktu ke belakang. Terlebih dia tidak masuk skuat Malaysia di ajang Badminton Asia Championship 2022 dan Piala Thomas 2022.

“Saya telah memberikan yang terbaik dan cukup puas dengan penampilan saya di sini (Korea Masters 2022). Kondisi yang lebih cocok untuk lawanku kemarin karena shuttle-nya sangat lambat dan ada banyak reli panjang,” ucap Soong Joo Ven melansir The Star.

“Saya harus meningkatkan permainan menyerang saya. Target saya adalah menembus babak 32 besar tahun ini,” sambungnya.

Baca selengkapnya: Dianaktirikan BAM, Senior Lee Zii Jia Bersyukur Tembus Semifinal Korea Masters 2022

Asosiasi Bulutangkis KoreaBulutangkisBerita BulutangkisKorea Masters 2022

Berita Terkini