x

Sirnas 2023 Seri A di Bandung Diikuti Lebih dari 1000 Atlet Bulutangkis

Senin, 6 Februari 2023 18:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Kejuaraan BNI Sirkuit Nasional Seri A digelar di Kota Bandung, 6 sampai 11 Februari 2023 dan diikuti Sebanyak 1.131 atlet bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) 2023 Seri A mulai berlangsung di Kota Bandung, Senin (6/2/23). Ajang bulutangkis tingkat nasional ini diikuti sebanyak 1.131 atlet dari berbagai daerah.

Ribuan pebulutangkis tersebut akan turun di tiga kelompok dalam kejuraan yang merupakan agenda tahunan PP PBSI ini, yakni pemula (U-15), remaja (U-17), dan taruna (U-19).

Masing-masing kelompok mempertandingkan lima nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran. 

Sirnas 2023 Seri A di Bandung akan digelar pada 6-11 Februari, dengan menggunakan tiga venue, yakni GOR Padjajaran, GOR Tri Lomba Juang, dan GOR Bandung. 

Wakil Ketua PBSI Jawa Barat, Bariza Sulfi, mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar Sirnas Seri A di Bandung bisa berjalan dengan aman, lancar, serta sukses.

Pasalnya, hajatan ini menjadi penghasil atlet yang mengikuti pelatihan nasional (pelatnas). Sehingga, pihaknya ingin memaksimalkan Sirnas 2023 Seri A di Bandung.

Baca Juga

"PBSI Jabar diberi kepercayaan oleh pusat untuk melaksanakan Sirnas Seri A. Dengan kepercayaan ini akan mempersiapkan semaksimal mungkin, mudah-mudahan bisa dicontoh oleh Pengprov lain," ungkap Bariza.

"Kami berharap dukungan semuanya, panitia, peserta, dan penonton untuk menyukseskan sirnas seri A di Kota Bandung yang mudah-mudahan menjadi tolok ukur," katanya menambahkan.

Banyaknya peserta menjadi bukti jika bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang paling digemari dan punya potensi besar mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga

"1.100 lebih, dari 270 klub dan mudah-mudahan ini menandakan antusiasme Indonesia terhadap kemajuan bulutangkis, sebab ini salah satu cabor yang bisa membanggakan Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Sirnas menjadi event untuk menjalankan regenerasi atlet bulutangkis Indonesia. Target yang disasar yakni atlet potensial yang bisa dikirim ke Pelatnas.

"Sirnas ini salah satu proses untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi, nanti ada pertandingan berikutnya dan di akhir tahun akan diakumulasikan untuk masuk ke pelatnas," jelasnya.

Baca Juga

1. Jabar Produsen Atlet

Kejuaraan BNI Sirkuit Nasional Seri A digelar di Kota Bandung, 6 sampai 11 Februari 2023 dan diikuti Sebanyak 1.131 atlet bulutangkis.

Jawa Barat sendiri menjadi salah satu penghasil atlet bulutangkis di Indonesia. Sehingga, diharapkan bisa kembali muncul atlet berprestasi pada Sirnas 2023.

"Di Jabar kita menurunkan secara maksimal, sekaligus menjadi pembuktian pembibitan di Jabar itu harus dipertahankan untuk bisa memberikan bibit unggul bulutangkis. Sebagaimana Jabar sebagai salah satu penghasil atlet jempolan," ungkapnya.

Sementara itu, total ada 13 seri BNI Sirnas 2023 yang secara bergantian digelar, mulai dari Kota Bandung (Jawa Barat), Batam (Kepulauan Riau), lalu ke Purwokerto (Jawa Tengah).

Baca Juga

Berikutnya, akan ada Sirnas di Denpasar (Bali), Surabaya (Jawa Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Makassar (Sulawesi Selatan), hingga Tangerang (Banten).

Selanjutnya juga dihelat di Pangkalpinang (Kepulauan Bangka Belitung), DKI Jakarta (DKI Jakarta), Palembang (Sumatra Selatan), serta Pekanbaru (Riau).

Baca Juga

Berikut adalah Kalender BNI Sirkuit Nasional 2023.

1. Sirnas A di Bandung, 6-11 Februari
2. Sirnas B di Batam, 20-25 Februari
3. Sirnas A di Purwokerto, 6-11 Maret
4. Sirnas B di Denpasar, 8-13 Mei
5. Sirnas A di Surabaya, 22-27 Mei
6. Sirnas B di Banjarmasin, 26 Juni-1 Juli
7. Sirnas B di Makassar, 24-29 Juli
8. Sirnas A di Banten, 7-12 Agustus
9. Sirnas B di Pangkalpinang, 9-14 Oktober
10. Sirnas A di DKI Jakarta, 6-11 November
11. Sirnas C di Palembang, 20-27 November
12. Sirnas B di Pekanbaru, 4-9 Desember
13. Sirnas Premier di DKI Jakarta, 11-16 Desember

PBSIJawa BaratBandungBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini