x

Sempat Dihantui Cedera, Fajar/Rian Siap Jadi ‘Ujung Tombak’ Indonesia di BAMTC 2023

Sabtu, 11 Februari 2023 10:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, akan menjadi ujung tombak di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Dua pasangan ganda, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, akan menjadi ujung tombak di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 tinggal menghitung hari. Digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, ajang ini akan berlangsung pada 14-19 Januari mendatang.

Ganda putra no. 1 dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan memimpin skuad Indonesia yang berisikan 16 wakil di ajang beregu campuran kali ini.

Ini juga menjadi penampilan kedua bagi jawara Malaysia Open 2023 tersebut setelah edisi 2019.

Dalam edisi terakhir itu, Fajar/Rian gagal mempersembahkan gelar usai terhenti di babak semifinal dikalahkan oleh Jepang 3-0.

Baca Juga

Fajar sendiri sebelumnya sempat mengalami sakit di bagian pinggang. Namun ini tak menghalangi persiapannya demi memperbaiki Indonesia di BAMTC 2023.

“Kami siap tempur. Persiapannya juga baik, kendati pinggang saya sempat tidak merasa nyaman," ungkap Fajar, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Jumat (10/02/23) malam WIB.

Baca Juga

"Saya dan Fajar tentu siap mengemban tugas ini," Rian, menimpali komentar pasangannya.

Kesiapan serupa juga disampaikan pemain ganda putri, Siti Fadia Silva Ramadhanti. Fadia juga sempat dihantam cedera saat dirinya tampil di Malaysia Open 2023 bersama Apriyani Rahayu.

Beruntung, cedera Fadia tersebut tidka berlangsung lama sehingga Apriyani/Fadia bisa langsung comeback di Indonesia Masters 2023.

Baca Juga

1. Apriyani/Fadia Bertekad Sumbang Poin untuk Indonesia

Ganda Putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia pada acara Jumpa Pers Kejurnas PBSI 2022 di Pelatnas Cipayung, Kamis (01/12/22).

Bicara soal persiapannya di Badminton Asia Mixed Championships ini, Fadia juga siap tampil maksimal jika dipercaya tampil bersama seniornya tersebut.

“Kalau diturunkan, tentu saja saya harus siap," tutur atlet asal klub PB Djarum ini.

"Bersama Kak Apri, apabila dimainkan saya akan tampil terbaik dan berusaha sekuat tenaga untuk menyumbangkan poin bagi tim," Fadia, menambahkan.

Dengan kekuatan 16 pemain, tim bulu tangkis Indonesia terbang menuju Dubai dengan maskapai Emirates nomor EK 359 dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (11/02/23), pukul 00.15 WIB.

Selain Fajar/Rian dan Apriyani/Fadia, Indonesia diperkuat sejumlah pemain berkualitas di BATMC 2023, yang merupakan edisi ketiga sejak turnamen terakhir digelar 2019 silam.

Baca Juga

Fajar/Rian akan didampingi juniornya Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Rambitan, sedangkan Apriyani/Fadia akan didampingi Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari. 

Di tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Di sektor tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting dan runner-up Indonesia Masters Chico Aura Dwi Wardoyo.

Sementara, ganda campuran, ada pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca Juga

Rionny Mainaky, yang mendampingi tim Indonesia ke Dubai, sebelumnya juga mengatakan bahwa anak didiknya sudah menjalani persiapan sejak tampil di Indonesia Masters di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta akhir Januari lalu. 

"Memang tidak panjang teapi persiapan pemain terbilang cukup baik. Setelah sekitar dia minggu berlatih intensif, kondisi pemain juga prima. Kondisi bagus inilah yang menjadi bekal utama kami ke kejuaraan tersebut," kata Rionny.

Indonesia akan jadi tim tersibuk di Badminton Asia Championships 2023. Pasalnya, mereka tergabung di grup C yang dihuni lima negara termasuk Thailand, Bahrain, Lebanon dan Suriah.

Baca Juga
IndonesiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBadminton Asia Mixed Team Championship

Berita Terkini