x

Daftar Pebulu Tangkis Indonesia yang Cedera Selama Tur Eropa: Ada 4 Atlet, Babah Ahsan hingga Para Unggulan

Minggu, 26 Maret 2023 15:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Terdapat setidaknya empat pemain mulai dari Mohammad Ahsan hingga Apriyani Rahayu yang mengalami cedera selama Tur Eropa baik di All England maupun Swiss Open (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Terdapat setidaknya empat pemain bulutangkis Indonesia mulai dari Mohammad Ahsan hingga Apriyani Rahayu yang mengalami cedera selama Tur Eropa.

Saat ini tengah berlangsung ajang Tur Eropa dimulai dari German Open (7-12 Maret), All England (14-19 Maret), Swiss Open (21-26 Maret), Spain Masters (28 Maret-2 April), Orleans Masters 2023 (4-9 April).

Meski baru tiga dari lima turnamen yang digelar, rentetan kompetisi bertajuk Tur Eropa itu ternyata menjadi bencana tersendiri bagi tim bulutangkis Indonesia.

Bagaimana tidak, tercatat sudah ada empat pemain yang cedera pada bulan Maret atau tepatnya di All England dan Swiss Open 2023.

Pemain Indonesia pertama yang mengalami cedera ialah pebulu tangkis ganda putra, Mohammad Ahsan, yang mengalami masalah pada kakinya saat duel melawan Fajar Rian/Muhammad Rian Ardianto di All Indonesian Finals pada All England 2023 kemarin.

Baca Juga

Atlet yang akrab disapa Babah Ahsan sekaligus unggulan ketiga itu mengalami cedera pada lutut kirinya saat kalah unggul di match point saat melawan Fajar/Rian.

Ahsan kemudian dibawa menuju podium dengan kursi roda, dan setelah itu langsung terbang ke Tanah Air untuk menjalani pemeriksaan bersama dr. Nicolaas Budhiparama selaku Kepala Tim Medis PBSI.

Baca Juga

“Setelah pulang kembali ke Tanah Air, Ahsan langsung menjalani MRI. Baru tadi pagi, hasil MRI cedera Ahsan sudah diterima dan saya evaluasi. Di bagian lutut kiri masih terjadi pembengkakan dan itu akan terus dilakukan terapi,” kata dr. Nicolaas.

“Rencananya, pada Senin atau Selasa depan, akan kita observasi lagi bagaimana kondisi cedera Ahsan dan langkah pemulihannya,” pungkasnya pada Kamis (23/03/23) kemarin.

Selain Mohammad Ahsan yang cedera di All England, terdapat tiga pemain yang harus mundur jamaah dari Swiss Open 2023 karena masalah serupa yakni Chico Aura, Rinov Rivaldy dan Apriyani Rahayu.

Baca Juga

1. 3 Pemain Mundur Jamaah karena Cedera di Swiss Open 2023

Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo mundur dari Swiss Open 2023 karena cedera. (Foto: PBSI)

Sementara itu terdapat tiga pemain Indonesia yang memutuskan untuk retired di ajang Swiss Open 2023 karena cedera.

Ketiga pemain tersebut ialah tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo yang retired saat baru tampil melawan Viktor Axelsen di babak pertama.

Kemudian ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari selaku unggulan ketujuh saat melawan wakil Chinese Taipei, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin, di perempat final ajang BWF S300.

Lalu terakhir ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia selaku unggulan kedua yang juga mundur saat melawan pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di semifinal.

Melansir dari rilis PBSI, Rionny Mainaky selaku Kabid Binpres PBSI mengatakan bahwa Chico Aura mengalami cedera pada ankle kakinya.

Baca Juga

Kemudian Rinov Rivaldy cedera di bagian tangan yang sudah dirasakannya sejak tampil di All England atau sebelum Swiss Open 2023.

Sementara Apriyani Rahayu mengalami cedera bahu kanan yang sempat ia derita kembali kumat sehingga membuat pergerakannya menjadi sakit dan mengganggu.

Baca Juga

Rionny Mainaky mengatakan padahal sebelum berangkat mengikuti Tur Eropa semua pemain bulutangkis Indonesia dalam kondisi baik-baik saja. Ia kemudian berkata pihaknya akan mencari akar permasalahannya.

“Apakah cedera ini terjadi karena intensitas pertandingan yang dijalani pemain yang demikian tinggi sejak All England lalu atau bagaimana, tentu akan kita cari akar permasalahannya bersama dokter dan pelatih,” kata Rionny.

“Setelah gagal di Swiss, saya harapkan para pemain bisa kebih fokus ke turnamen berikutnya di Madrid, Spanyol. Lupakan kegagalan dan konsentrasi untuk tampil lebih bagus lagi untuk bisa menjadi juara di Spanyol, pekan depan,” ujar Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky. 

Baca Juga
Mohammad AhsanAll EnglandApriyani RahayuChico Aura Dwi WardoyoRinov RivaldyBerita BulutangkisSwiss Open

Berita Terkini