x

Gregoria Mariska Juara Spain Masters, Oma Gill Teringat Masa Kejayaan Susy Susanti

Selasa, 4 April 2023 18:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Komentator BWF, Gillian Clark atau Oma Gill teringat masa kejayaan Susy Susanti usai Gregoria Mariska meraih gelar juara di Spain Masters 2023.

INDOSPORT.COM – Komentator BWF, Gillian Clark atau Oma Gill teringat masa kejayaan Susy Susanti usai Gregoria Mariska meraih gelar juara di Spain Masters 2023.

Cabang olahraga bulutangkis kembali berhasil mengharumkan nama Indonesia, usai sukses meraih gelar juara di ajang kompetisi international seperti Spain Masters 2023.

Gelar juara tersebut direngkuh oleh Gregoria Mariska yang berhasil pecah telur usai mengalahkan PV Sindhu selaku unggulan dengan skor 21-8 dan 21-8 di partai final pada Minggu (2/4/23).

Kemenangan tunggal putri andalan Indonesia itu ternyata menyimpan fakta unik nan menarik. Hal ini diungkapkan oleh Gillian Clark atau Oma Gill selaku komentator kondang BWF.

Melalui akun Twitter pribadinya @OmaGilClark mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya dua pemain tunggal putri Indonesia bisa menjadi juara di turnamen yang sama selama 24 tahun.

Baca Juga

Sebelumnya memang Putri KW menjadi juara d Spain Masters pada edisi 2021, sedangkan 2022 ajang tersebut dibatalkan.

Fakta ini pun mengingatkan Oma Gill kepada sosok Susy Susanti dan kolega yang juga sempat meraih gelar secara beruntun di turnamen Indonesia Open pada edisi 1990-an.

Baca Juga

Tercatat, Susy Susanti sempat meraih gelar juara pada ajang 1994-1997, lalu dua wakil tunggal putri tuan rumah meneruskan gelar tersebut di dua turnamen selanjutnya.

Yakni Mia Audina pada Indonesia Open 1998 dan Lidya Djaelawijya, sebelum akhirnya gelar beruntun tuan rumah dipatahkan Camilla Martin 2000.

Oma Gill mengatakan bahwa gelar yang diraih oleh Gregoria Mariska di Spain Masters 2023 juga mematahkan puasa gelar beruntun di tunggal putri, yang terakhir diraih oleh Susy Susanti, Mia Audina dan Lidya Djaelawijaya di era akhir 1990-an.

Baca Juga

1. #FunFact Oma Gill Bikin BL Girang

Komentator BWF, Gillian Clark atau Oma Gill teringat masa kejayaan Susy Susanti usai Gregoria Mariska meraih gelar juara di Spain Masters 2023.

“Dua gelar di nomor tunggal putri yang diraih oleh pemain Indonesia di Spain Masters 2023 oleh Gregoria Mariska dan Putri Kusuma Wardani, merupakan pertama kalinya dua tunggal putri Indonesia memenangkan gelar berturut-turut di turnamen yang sama,” cuit Oma Gill.

“Momen ini terakhir kali terjadi selama 24 tahun sejak tiga pemain tunggal putri berbeda meraih gelar juara beruntun di ajang Indonesia Open pada 1997-98-99,” tambahnya.

Cuitan #FunFact membuat Badminton Lovers (BL) merasa bahagia karena memberikan sejumlah fakta informatif.

“Selalu menyukai FunFacts Oma, selain sebagai komentator, Anda juga memberi kami lebih banyak wawasan tentang dunia olahraga yang kami sukai, terima kasih Oma Gill,” @10*****

“Terima kasih sudah memberikan fakta unik ini” @le******

Baca Juga

“Oma ini definisi kamus badminton berjalan” @b4******

“Oma still the best” @An*****

Baca Juga

“Gue suka fakta2 omagill ini, belio bener2 riset. Otw jadi kang riset badminton” @ye****

Sementara itu, Gregoria Mariska memutuskan untuk absen di ajang Orleans Masters 2023 usai menjadi juara di Spain Masters 2023.

Gregoria mundur karena merasakan sakit pada paha dan pinggangnya, untuk menghindari adanya cedera berat maka PBSI memutuskan untuk menariknya dari Orleans Masters 2023.

Baca Juga
Susy SusantiGregoria MariskaBerita BulutangkisGillian ClarkSpain Masters

Berita Terkini