x

Ganda Putra Indonesia Mengerikan, Ini Resep Racikan Herry IP dan Aryono Miranat

Jumat, 7 April 2023 13:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Herry IP dan Aryono Miranat membeberkan rahasia bagaimana bisa bekerja kompak hingga membuat ganda putra Indonesia ditakuti dunia. Foto: Humas PP PBSI

INDOSPORT.COMHerry IP dan Aryono Miranat membeberkan rahasia bagaimana bisa bekerja kompak hingga membuat ganda putra Indonesia ditakuti dunia.

Sejak dulu hingga saat ini, ganda putra menjadi sektor yang paling konsisten dalam meraih gelar juara di berbagai turnamen internasional untuk Indonesia.

Beberapa legenda ganda putra Indonesia terbaik sepanjang masa tercipta, seperti Christian Hadinata/Ade Chandra, Tjun Tjun/Johan Wahyudi, Eddy Hartono/Rudy Gunawan dll.

Untuk saat ini, Indonesia setidaknya punya enam pasangan ganda putra yang masing-masing bergantian bersinar yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Lalu ada tiga pemain muda yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Baca Juga

Keenam wakil Indonesia itu hampir selalu menjadi unggulan di berbagai ajang, dan menjadi rival berat bagi ganda putra dari berbagai penjuru dunia lainnya.

Kesuksesan tim ganda putra Tanah Air tentu tak lepas dari dukungan dari para pelatihnya seperti Herry IP dan Aryono Miranat, yang turut bekerja keras membantu mereka mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga

Kerja sama dan komunikasi yang baik tentu membuat dua pelatih yang akrab disapa Coach Naga Api dan Coach Naga Air pun menjadi andil besar kesuksesan Fajar/Rian dkk.

Keduanya sendiri sempat ditanya soal sinergitas atau kerjasama antara semua pihak untuk mencapai tujuan yang baik, terutama untuk cabor bulutangkis.

Resep rahasia Herry IP dan Aryono Miranat dalam menciptakan ganda putra Indonesia yang kini kian mengerikan ialah karena mereka tak hanya saling percaya kepada anak didik saja, namun juga terhadap sesama pelatih.

Baca Juga

1. Saling Memahami Jadi Kunci Kesuksesan Bantu Ganda Putra Indonesia

Pelatih Ganda Putra Indonesia, Coach Aryono Miranat

Herry IP sendiri mengatakan bahwa ia dan Aryono Miranat sudah kenal sejak lama, dan mereka juga cocok dan kompak dalam melakukan suatu hal.

Maka akan menjadi hal yang cukup mudah bagi Coach Naga Api dan Naga Air bekerja sama menciptakan anak didik yang ditakuti dunia.

“Saya sama Aryono sudah cukup lama bersama, dari tahun 2001 kalau tidak salah. Sempat pisah sebentar terus balik lagi. Kerjanya sudah kompak, sudah saling percaya,” kata Herry IP, dilansir dari PBSI.

“Karakternya juga saya klop, saya senang dengan dia. Aryono bisa mengisi kekurangan saya dan begitu juga sebaliknya,” tambahnya, dikutip dari wawancara pasca All England 2023.

Di sisi lain, Aryono Miranat mengatakan bahwa ia dan Herry IP sudah saling paham tugas dan pekerjaan satu sama lain.

Baca Juga

Belum lagi komunikasi yang baik dan memiliki hubungan pertemanan yang lama membuat mereka lebih mudah dalam bekerja sama.

“Herry sebagai Head Coach, saya sebagai asisten secara pekerjaan sudah mengerti masing-masing,” tukas Aryono.

Baca Juga

“Kami banyak diskusi dan menganalisa permainan dan nyambung. Kami juga sudah berteman lama jadi sudah klik saja begitu,” jelasnya.

Saat ini Herry IP dan Aryono Miranat tengah mempersiapkan ganda putra untuk tampil di Kejuaraan Bulutangkis Asia maupun Piala Sudirman 2023 yang bakal digelar pada April dan Mei nanti.

Hingga sekarang masih ada dua wakil Indonesia yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang sedang berjuang di ajang Orleans Masters 2023.

Baca Juga
Herry IPAryono MiranatBerita Bulutangkis

Berita Terkini