x

Tolak Tegas! Menpora Malaysia Tak Inginkan Lee Zii Jia Kembali ke BAM

Sabtu, 8 April 2023 18:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Hannah Yeoh tegaskan Lee Zii Jia tak perlu kembali ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) jelang Olimpiade 2024.

INDOSPORT.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia yakni Hannah Yeoh menegaskan Lee Zii Jia tak perlu kembali ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) jelang Olimpiade Paris 2024.

Pebulutangkis spesialis tunggal putra asal Malaysia yakni Lee Zii Jia selalu menuai atensi karena tampil kurang maksimal di beberapa turnamen bulutangkis.

Terbaru, tunggal putra nomor satu Malaysia itu kandas di babak semifinal Swiss Open dari non-unggulan asal Jepang, Koki Watanabe dua gim langsung.

Sementara itu, belum lama ini, mencuat kabar Zii Jia akan kembali ke BAM merujuk pertemuannya dengan Presiden Asosiasi, Tan Sri Mohamad Norza belum lama ini.

Namun, dikonfirmasi oleh Presiden BAM, bahwa pertemuannya dengan Lee Zii Jia hanyalah kebetulan semata dan tidak berarti jawara All England 2021 itu kembali ke Pelatnas.

Baca Juga

Hal serupa juga diungkapkan Menpora Malaysia yakni Hannah Yeoh yang menuturkan secara tegas Lee Zii Jia tak perlu kembali ke BAM jelang kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Menurut, Hannah Yeoh, program pemerintah yakni RTG atau Road to Gold akan membantu Lee Zii Jia tampil lebih baik jelang Olimpiade tanpa bantuan BAM.

Baca Juga

“Setelah Zii Jia kembali dari All England (tur Eropa), kami tetap berhubungan dan ingin bertemu setelah dia kembali ke Malaysia,” ungkap Hannah.

“Kebutuhan setiap atlet berbeda. setiap pemain memiliki komitmen tertentu, terlepas dari atlet profesional atau di bawah naungan badan olahraga,” sambungnya.

“Kalau dia (Zii Jia) mau berlatih di Ipoh, Perak, kami akan berusaha membantu sesuai kemampuan kami untuk memberikan yang terbaik bagi atlet,” pungkas Menpora Malaysia.

Baca Juga

1. Program RTG Berguna untuk Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Sekadar informasi, pemerintah Malaysia melalui Kemenpora membentuk sebuah program jelang Olimpiade Paris 2024 yang diberi nama Road to Gold (RTG).

Program ini memiliki tujuan untuk membantu prospek raihan medali tim Malaysia di Olimpaide. Negeri Jiran sendiri belum pernah mendapatkan medali emas di kejuaraan bergengsi tersebut.

Beberapa pemain bulutangkis independen turut tergabung di program yang digaungkan Menpora Malaysia, Hannah Yeoh itu.

Yakni ada Lee Zii Jia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie hingga ganda putra Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Tentu, dengan adanya program Road to Gold ini bisa membantu pemain non pelatnas BAM terkhusus Lee Zii Jia yang saat ini berstatus tanpa pelatih.

Baca Juga

Sebagai informasi, Lee Zii Ji resmi memutus kontrak dengan mantan pelatih asal Indonesia, Indra Wijaya pada akhir November 2022 lalu.

Dengan status tanpa pelatih, performa Juara Asia 2022 itu menurun drastis. Terakhir kali, tunggal Malaysia itu meraih gelar juara di Thailand Open 2022.

Baca Juga

Sementara du musim 2023, Lee Zii Jia sempat frustasi karena selalu takluk di babak pertama dan babak kedua. Bak pembuktian, di All England, pebulutangkis ranking dua dunia itu berhasil melaju hingga semifinal.

Sayangnya, langkahnya terhenti oleh tunggal putra andalan China, Shi Yuqi di babak semifinal All England dua gim langsung dengan skor 19-21, 13-21.

Oleh sebab itu, dengan adanya program Road to Gold, Lee Zii Jia tentu mendapatkan perhatian dari pemerintah jelang Olimpiade Paris tanpa ada sangkut paut dengan BAM.

Baca Juga

Sumber: Astroawani

MalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024Hannah Yeoh

Berita Terkini