x

Catatan Prestasi Bulutangkis Indonesia di Tur Eropa: Nyaris Puasa, Hanya Gondol 2 Gelar Juara

Senin, 10 April 2023 13:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Indonesia tercatat hanya berhasil meraih dua gelar saja termasuk yang diraih oleh Fajar/Rian dalam lima rangkaian tur Eropa 2023 kemarin. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM Indonesia tercatat hanya berhasil meraih dua gelar saja dalam lima rangkaian tur Eropa 2023 kemarin.

Rangkaian lima turnamen yang berlangsung di Eropa akhirnya resmi selesai selepas berakhirnya ajang Orleans Masters 2023.

Sekadar informasi, tur Eropa sendiri dimulai dari German Open (7-12 Maret), All England (14-19 Maret), Swiss Open (21-26 Maret).

Lalu dilanjutkan dengan Spain Masters (28 Maret-2 April), dan kemudian ditutup di Orleans Masters 2023 (4-9 April) kemarin.

Indonesia sendiri tentu mengirimkan skuad terbaiknya di lima ajang ini. namun sayangnya, Skuad Garuda tak bisa meraih hasil maksimal atau menggondol banyak juara.

Baca Juga

Sebab dari lima turnamen yang diikuti, Indonesia hanya mampu memboyong dua gelar juara saja.

Yakni satu gelar juara di All England 2023 yang diraih oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada 19 Maret lalu.

Baca Juga

Fajar/Rian yang berstatus sebagai unggulan pertama berhasil menang 21-17 dan 21-14 di atas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di perang saudara bertajuk All Indonesian Finals.

Keberhasilan ini turut membuat Fajar/Rian akhirnya kembali meraih gelar Super 1000 keduanya pasca juara di Malaysia Open 2023 awal Januari kemarin.

Selain Fajar/Rian, satu wakil Indonesia lainnya mampu menjadi kejutan di Tur Eropa ialah Gregoria Mariska yang berhasil menyabet gelar di ajang Spain Masters 2023.

Baca Juga

1. Indonesia Raih 3 Runner-up di Tur Eropa 2023

Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final All England 2023. (Foto: PBSI)

Selain Fajar/Rian yang meraih gelar di All England 2023 dan Gregoria Mariska di Spain Masters 2023, tiga wakil Indonesia lainnya juga sukses menyabet gelar runner-up.

Ketiga pemain tersebut ialah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang jadi runner-up di All England 2023 karena kalah dari Fajar/Rian.

Lalu ada Praveen Jordan/Melati Daeva yang menduduki podium kedua di Spain Masters 2023, usai kalah 20-22 dan 18-21 atas Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark).

Terakhir ada Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang baru saja menjadi runner-up di ajang Orleans Masters 2023.

Bagas/Fikri yang berstatus sebagai unggulan ketiga itu secara mengejutkan takluk dari pemain kualifikasi asal China, Chen Boyang/Liu Yi.

Baca Juga

Bahkan pasangan yang merupakan juara All England 2022 itu kalah dalam dua gim langsung dengan skor 21-19, 21-17 atas Chen/Lui pada Minggu (9/4/23) kemarin.

Tak hanya itu, sejumlah pemain juga berhasil menjadi semifinalis di sejumlah Tur Eropa. Contoh saja di Orleans Masters 2023 ada empat wakil Indonesia.

Baca Juga

Yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra), Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (ganda putri) lalu ada dua wakil ganda campuran, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah dan Rehan Naufal/Lisa Ayu.

Catatan prestasi yang dirah Indonesia pun menuai beragam respons dari Badminton Lovers (BL), ada yang mengatakan catatan Indonesia tidak buruk-buruk amat.

Lalu ada juga yang mengatakan bahwa prestasi Indonesia cukup buruk di Tur Eropa 2023 dan minta PBSI segera melakukan evaluasi sebelum Piala Sudirman 2023 nanti.

Baca Juga
IndonesiaAll EnglandFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoGregoria MariskaBerita BulutangkisSpain Masters

Berita Terkini