x

Juara Orleans Masters, Murid Nova Widianto Bikin BL Malaysia Teringat Tontowi/Liliyana

Senin, 10 April 2023 12:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda campuran Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei juara di Orleans Masters 2023. (Foto: Instagram@toh.eewei)

INDOSPORT.COM – Keberhasilan anak didik Nova Widianto, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, menjuarai Orleans Masters 2023 memantik kerinduan penggemar bulutangkis (BL) Malaysia pada legenda Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei merebut gelar Orleans Masters setelah mengalahkan pasangan Chinees Taipei, Ye Hong-wei/Lee Chia-hsin, dalam dua set 21-19, 21-17 di partai final, Minggu (09/04/23).

Ganda campuran peringkat 26 tahun tersebut sempat goyah pada awal game kedua di mana mereka tertinggal 2-0 sebelum melakukan comeback untuk menang.

Kemenangan itu menjadikan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei pasangan Malaysia pertama yang memenangkan gelar juara BWF World Tour musim ini.

Terlepas gelar tersebut, penampilan mengejutkan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei sejak babak pertama Orleans Masters membuat keduanya jadi sorotan di kalangan BL Negeri Jiran.

Baca Juga

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei ramai disebut-sebut reinkarnasi Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang pernah menjadi ganda campuran nomor 1 dunia pada masanya.

Bukan hanya soal penampilan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei bak pasangan ganster, tetapi gaya bermain hingga Chen Tang Jie/Toh Ee Wei disebut mirip dengan Owi/Butet (sapaan akrab Tontowi/Liliyana).

Baca Juga

Bukan tanpa kebetulan, Liliyana Natsir juga pernah berpasangan dengan pelatih Chen Tang Jie/Toh Ee Wei saat ini yang orang Indonesia, yakni Nova Widianto.

Tontowi/Liliyana sendiri dikenal sebagai ganda campuran terkuat di dunia. Pencapaian terbaik mereka yakni meraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016.

Kala itu, Tontowi/Liliyana berhasil meraih medali emas setelah menundukkan pasangan andalan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Baca Juga

1. Chen Tang Jie/Toh Ee Wei Jadi Harapan Baru Malaysia

Pasangan ganda campuran Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei juara di Orleans Masters 2023. (Foto: Instagram@toh.eewei)

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei diketahui mengawali duet mereka sebagai ganda campuran dengan memeangkan gelar Bangladesh International Challenge (IC) di Dhaka pada Desember 2022 kemarin.

Chen Tang Jie/Toh Ee Wei juga berhasil meraih gelar Iran Fajr IC dan secara mengejutkan mampu menembus semifinal BWF Super 1000 Malaysia Open dan Super 300 Swiss Open.

Pasangan peringkat 26 dunia ini sejatinya ditargetkan bisa memenangkan gelar Super 300 yang akan digelar pada Agustus mendatang, namun gelar di Orleans Masters jadi sebuah kejutan di awal.

Atas keberhasilan tersebut, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei memberikan tribute untuk Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), sang pelatih Nova Widianto, mantan pelatih serta keluarga.

“Saya pikir penghormamtan ditujukan kepada BAM, rekan tim dan pelatih saya. Mereka tidak menyerah pada saya dan terus mendukung saya,” kata Ee Wei dilansir dari The Star.

Baca Juga

 “Karier saya naik turun selama lima tahun terakhir. Saya memiliki masalah sinus dan sangat menderita,” jelasnya.

“Saya juga tidak melupakan keluarga saya yang selalu mendampingi saya ketika saya berada di rumah sakit, di waktu tergelap saya,” lanjutnya.

Baca Juga

Kemenangan di Orleans Masters 2023 akan membawa Tang Jie/Ee Wei semakin dekat ke peringkat 20 besar dunia saat BWF merilis ranking terbaru para Selasa (11/04/23) besok.

Selain itu, ini juga semakin memperbesar peluang mereka bersaing di kualifikasi Olimpiade 2024 Paris yang akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Baca Juga
MalaysiaTontowi Ahmad/Liliyana NatsirNova WidiantoBulutangkisBerita BulutangkisOrleans MastersBadminton Lovers (BL)Chen Tang Jie/Toh Ee Wei

Berita Terkini