x

Menakar Calon Ganda Campuran Indonesia di Piala Sudirman 2023, Siapa Lebih Layak?

Selasa, 11 April 2023 19:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti saat membawa tim Indonesia ke semifinal Piala Sudirman 2019, usai kalahkan pasangan Chinese Taipei. Foto: badmintonindonesia.org

INDOSPORT.COM - Jadwal bulutangkis yang sangat padat membuat Pelatnas PBSI harus jeli mengirimkan siapa saja pemain yang akan berlaga di Piala Sudirman 2023.

Sebagaimana diketahui, Piala Sudirman 2023 adalah ajang bulutangkis beregu yang akan dihelat pada 14-21 Mei 2023 di China.

Sementara itu, skuat bukutangkis Indonesia juga berpartisipasi di ajang multievent SEA Games 2023, pada 5-17 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja, dengan target medali emas.

Jadwal dua turnamen besar yang bentok membuat PBSI harus membagi kekuatan pemain, siapa yang diturunkan di SEA Games dan siapa ke Piala Sudirman.

Khususnya di sektor ganda campuran, PBSI mengurus pasangan XD unggulan, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca Juga

Rehan/Lisa didampingi oleh XD pelapis, yakni Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela. Target mereka yakni menyabet medali emas dari individu ataupun beregu.

Dengan demikian, kemungkinan besar XD yang akan dikirimkan ke Piala Sudirman 2023 adalah ganda nomor satu Pelatnas, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga

Selain Rinov/Pitha, masih ada satu slot lagi yang bisa digunakan oleh ganda campuran Indonesia, untuk berjuang di Piala Sudirman.

Badminton Lovers pun menduga-duga, siapakah yang akan mewakili Indonesia di Piala Sudirman nanti. Apakah pemain dari Pelatnas, atau justru pemain profesional?

Berikut INDOSPORT coba menakar peluang pasangan ganda campuran Indonesia yang berpeluang tampil di Piala Sudirman 2023. 

Baca Juga

1. 1. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Pasangan ganda campuran Indonesia, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah berpeluang tampil di Piala Sudirman 2023. (Foto: PP PBSI)

Pasangan Praveen Jordan/Nelati Daeva Oktavianti boleh dikatakan sebagai ganda campuran paling senior di Indonesja. Saat ini mereka di bawah naungan PB Djarum.

Praveen sempat cedera dan harus operasi, ia memilih vakum dari dunia bulutangkis selama beberala waktu, sehingga kini ia belum kembali ke performa terbaiknya.

Salah satu pencapaian terbaik Praveen/Melati usai comeback di tahun ini, yakni meraih titel runner up Spain Masters 2023. 

Namun, Praveen/Melati memiliki keunggulan dari pemain lainnya, yaitu pengalaman main di Piala Sudirman. Besar kemungkinan jika Honey Couple yang akan dikirim ke China.

2. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Sama seperti Praveen/Melati, pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja juga merupakan pasangan binaan PB Djarum. Jika melihat catatan prestasi beberapa waktu terakhir, Dejan/Gloria lebih unggul.

Baca Juga

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja menjuarai Indonesia International Challenge 2022 dan Indonesia International Series 2022, serta Denmark Masters 2022.

Di level BWF World Tour, Dejan/Gloria juga menjuarai Vietnam Open 2022 Super 100. Dengan modal ini, rasanya cukup bagi Dejan/Gloria untuk main di Sudirman.

Baca Juga

3. Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

Pasangan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah adalah binaan Pelatnas. Namun secara ranking, mereka memang berada di bawah Praveen/Melati dan Dejan/Gloria.

Pencapaian terbaik Adnan/Nita di tahun 2023 adalah menjadi runner up Iran Fajr International dan Thailand International Challenge 2023. Untuk level Super Series, mereka lolos ke semifinal Orleans Masters 2023.

Namun, pasangan ini memiliki keunggulan, karena Nita Violina Marwah tak hanya bisa bermain di ganda campuran, tetapi ia juga cukup lama bermain di sektor ganda putri.

Kemampuan ini sangat diperlukan dalam turnamen beregu seperti Piala Sudirman.

Baca Juga
PBSIPiala SudirmanPraveen Jordan/Melati DaevaBulutangkisBerita BulutangkisDejan Ferdinansyah/Gloria WidjajaAdnan Maulana/Nita Violina Marwah

Berita Terkini