x

Adu Statistik XD Pelatnas Adnan/Nita vs Amri/Winny, Siapa Layak ke Piala Sudirman?

Rabu, 12 April 2023 16:13 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pasangan ganda campuran Indonesia, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah berpeluang tampil di Piala Sudirman 2023. (Foto: PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Adu statistik Adnan Maulana/Nita Violina Marwah dan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow. Siapa yang layak bermain di Piala Sudirman 2023?

Sebagaimana diketahui, Piala Sudirman 2023 adalah ajang bulutangkis beregu yang akan dihelat pada 14-21 Mei 2023 mendatang di China.

Sementara itu, skuat bukutangkis Indonesia juga berpartisipasi di ajang multievent SEA Games 2023, pada 5-17 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja, dengan target medali emas.

Jadwal dua turnamen besar yang bentok membuat PBSI harus membagi kekuatan pemain, siapa yang diturunkan di SEA Games dan siapa ke Piala Sudirman.

Khususnya di sektor ganda campuran, PBSI mengurus pasangan XD unggulan, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca Juga

Rehan/Lisa didampingi oleh XD pelapis, yakni Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela. Target mereka yakni menyabet medali emas dari individu ataupun beregu.

Dengan demikian, kemungkinan besar XD yang akan dikirimkan ke Piala Sudirman 2023 adalah ganda nomor satu Pelatnas, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga

Selain Rinov/Pitha, masih ada satu slot lagi yang bisa digunakan oleh ganda campuran Indonesia, untuk berjuang di Piala Sudirman.

Berdasarkan petunjuk dari Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, XD yang akan tampil menemani Rinov/Pitha di Piala Sudirman antara Adnan/Nita atau Amri/Winny.

Melihat statistik kedua pasangan, siapakah yang layak diandalkan di ajang bergengsi Piala Sudirman 2023. Apakah Adnan Maulana/Nita Violina Marwah, atau justru Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow?

Baca Juga

1. Adu Statistik Adnan/Nita vs Amri/Winny

Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow saat juara Nantes International Challenge 2022. Mereka dicalonkan menjadi wakil ganda campuran Indonesia di Piala Sudirman 2023.

Pasangan ganda campuran binaan Pelatnas PBSI, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah belakangan ini mencuri perhatian, dengan peningkatan mereka di level Super Series.

Adnan Maulana/Nita Violina Marwah merupakan pasangan ganda campuran peringkat 57 dunia. Di Indonesia sendiri, mereka berada di urutan ke-9.

Pencapaian terbaik Adnan/Nita di tahun 2023 adalah menjadi runner up Iran Fajr International dan Thailand International Challenge 2023.

Untuk level Super Series, Adnan/Nita baru-baru ini lolos ke semifinal Orleans Masters 2023, meski gagal melaju ke final.

Namun, pasangan ini memiliki keunggulan, karena Nita Violina Marwah tak hanya bisa bermain di ganda campuran, tetapi ia juga cukup lama bermain di sektor ganda putri.

Baca Juga

Kemampuan ini sangat diperlukan dalam turnamen beregu seperti Piala Sudirman. Selain untuk membantu recovery, juga dapat mengecoh strategi tim lawan.

Sementara Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow secara peringkat memang lebih baik. Mereka berada di posisi 43 dunia, sedangkan di Indonesia urutan ke-6.

Baca Juga

Namun secara pencapaian, Amri/Winny boleh dikatakan masih tertinggal dari Adnan/Nita. Mereka belum pernah lolos ke babak semifinal di turnamen tahun 2023 ini.

Sejak pertama kali dipasangkan di tahun 2022, Amri/Winny tercatat pernah menjuarai Lithuanian International, Bonn International, dan Nantes International secara beruntun.

Dengan statistik ini, baik pasangan Adnan/Nita maupun Amri/Winny memiliki potensi untuk diturunkan di Piala Sudirman 2023. Keputusan terakhir ada di tangan PBSI.

Baca Juga
PBSIPelatnasPiala SudirmanPelatnas CipayungBulutangkisBerita BulutangkisAdnan Maulana/Nita Violina MarwahAmri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow

Berita Terkini