x

He Bingjiao, Tunggal Putri Jenius China hingga Penggeprek Gregoria Mariska

Selasa, 18 April 2023 12:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Siapa sangka rival Gregoria Mariska asal China yakni He Bing Jiao ternyata merupakan sosok pebulutangkis yang jenius.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka rival Gregoria Mariska asal China, yakni He Bingjiao ternyata merupakan sosok pebulutangkis yang jenius.

Siapa yang tak kenal He Bingjiao? Salah satu pebulutangkis yang dimiliki oleh China di era modern ini, selain Chen Yufei yang merupakan rekan senegaranya.

Tercatat, China memiliki tiga wakil tunggal putri yang berada di 10 besar ranking BWF, yakni Chen Yufei (3), He Bingjiao (5), dan Han Yue (9).

Meski merupakan pebulutangkis papan atas, hal tersebut tak membuat rival Gregoria Mariska merasa jemawa. Sebab, walau kariernya yang mentereng, ia memilih tetap belajar banyak hal.

Melansir Djarum Badminton yang mengutip dari laman resmi BWF, pebulutangkis berusia 26 tahun itj terus berupaya meningkatkan intelektualitas di sela-sela jadwal latihan serta tanding yang padat di berbagai turnamen dan kejuaraan.

Baca Juga

Tak tangggung-tanggung, ia juga berkomitmen penuh untuk memperdalam bahasa Inggris dan menggali ilmu filsafat melalui buku-buku bacaan, termasuk pemikiran filsuf Yunani kuno Plato.

"Walaupun saya seorang atlet, saya juga ingin menjadi manusia yang lebih baik. Saya suka membaca buku-buku filsafat di waktu senggang,” ucap He Bingjiao.

Baca Juga

“(Karya) Plato adalah salah satu yang saya baca saat Kejuaraan Dunia dan Japan Open pada tahun lalu," jelasnya lagi.

He Bingjiao, yang unggul head to head dan kerap menggeprek Gregoria dalam beberapa turnamen ini mengatakan bahwa ilmu filsafat membantunya dalam mengenal lebih dalam dan mengerti tentang dunia serta masyrakat di sekitarnya.

He Bingjiao mengaku bahwa ilmu ini sangat membantu bagi para atlet sehingga membuat rival berat Gregoria Mariska senang mempelajari ilmu filsafat maupun bahasa asing.

Baca Juga

1. Gemari Ilmu Filsafat dan Belajar Bahasa Asing

Pebulutangkis tunggal putri China, He Bingjiao

Kemudian He Bing Jiao mengatakan bahwa ilmu filsafat dianggapnya sangat membantu bagi para atlet, yang senantiasa berurusan dengan tekanan tinggi serta dinamika antarpribadi yang kompleks.

Lalu seorang atlet dapat belajar berpikir lebih kritis, berkomunikasi lebih efektif, dan memahami perspektif orang lain.

Sekadar informasi, filsafat merpakan ilmu sifat dasar pengetahuan, realitas, dan keberadaan. Sebuah disiplin yang mengeksplorasi beberapa pertanyaan terdalam dan paling mendasar tentang kehidupan, seperti sifat realitas, moralitas, dan makna hidup.

Setiap orang dapat mengembangkan pola berpikir kritis mereka, mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia, orang-orang di sekitar mereka, dan belajar berpikir dan berkomunikasi dengan lebih jelas.

He Bingjiao sendiri tak hanya mempelajari ilmu filsafat, tapi juga belajar bahasa Inggris yang menjadi prioritas utamanya.

Baca Juga

Sebab, ia menilai bahwa belajar bahasa Inggris menjadi aspek penting bagi atlet agar lebih luwes saat berkomunikasi dengan fans, sponsor dan rekan sejawatnya.

Untuk menyiasatinya belajar dengan penuh rasa gembira tanpa adanya tekanan, ia menghabiskan waktu menonton film dan acara televisi, dan mendengarkan musik, yang kesemuanya dalam bahasa Inggris.

Baca Juga

"Ketika orang berbicara kepada saya dengan lambat dalam bahasa Inggris, saya dapat memahami. Saya pikir aksen Inggris itu indah," tukasnya lagi.

Selain itu ia juga mengambil kelas bahasa Inggris saat sebelum maupun berlangsungnya sebuah turnamen yang diikutinya setiap ada kesempatan.

Baca Juga

"Di China, saya belajar dari seorang guru, dan saat kami mengikuti Tur Dunia, saya mencoba melakukan belajar dari jarak jauh, seperti merevisi kosa kata saya. Sementara sewaktu berada di Inggris, saya merasa itu adalah kesempatan yang sangat bagus untuk berlatih juga," tukasnya.

"Saya ingat betul saat melakukan wawancara televisi pertama saya dalam bahasa Inggris di French Open, saya sangat gugup. Tetapi saya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya setiap hari," tambahnya lagi.

ChinaGregoria MariskaBulutangkisHe BingjiaoBerita Bulutangkis

Berita Terkini