x

Langsung Jumpa Leo/Daniel, Aaron Chia/Soh Wooi Yik Dapat Wejangan Petinggi BAM

Selasa, 18 April 2023 08:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, diminta bermain dengan kepala dingin saat menghadapi lawan-lawan berat di Badminton Asia Championships (BAC) 2023

INDOSPORT.COM – Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, diminta bermain dengan kepala dingin saat menghadapi lawan-lawan berat di Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik akan langsung berhadapan dengan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Martin di babak pertama.

Ini akan menjadi ujian berat bagi pasangan nomor 2 dunia tersebut setelah kekalahan mereka dari Leo/Daniel di pertemuan terakhir 3-0 secara head to head.

Mirisnya, kekalahan tersebut terjadi di babak pertama All England 2023, di mana Aaron/Soh digadang-gadang jadi salah satu penantang juara BWF World Super 1000 tersebut.

Jika mampu revans atas Leo/Daniel, Chia/Wooi Yik akan bertemu juara Olimpiade Lee Yang/Wang Chi-lin dari Chinese Taipei atau pasangan muda China, Liang Wei Keng/Wang Chang, demi menembus perempat final.

Baca Juga

Melihat deretan lawan tangguh yang akan dihadapi di BAC ini, direktur kinerja tinggi Academy Badminton Malaysia (ABM) Dr. Tim Jones, meminta Aaron Chia/Soh Wooi Yik mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Pasalnya, menurut Tim Jones, turnamen apa pun yang melibatkan para pemain Asia akan jadi pertandingan sulit untuk dilalui.

Baca Juga

“Aaron dan Wooi Yik memiliki beberapa pertandingan sulit dalam drawing BAC, tetapi sekarang drawing mana pun yang melibatkan pasangan teratas dari Asia, akan sulit,” kata Jones dilansir dari The Star.

“Sebagai unggulan kedua, setidaknya mereka harus menantap pertandingan akhir pekan (semifinal atau final),” lanjutnya.

“Mereka harus bermain sangat baik untuk sampai ke sana, tapi saya yakin mereka bisa melakukannya,” tambahnya.

Baca Juga

1. Aaron China/Soh Wooi Yik Masih Melempem

Press Conference Pasangan Ganda Putera Malaysia Aaron Chia/Nur Izuddin dan Ong Yew Sin/Teo EE Yi pasca mini turnamen BirghtUp Cup 2022, Jumat (11/10/22), di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik sejatinya memiliki catatan apik di BAC edisi tahun lalu. Mereka mampu mencapai final sebelum akhirnya kalah dari sang juara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Namun, Aaron/Soh baru menjalani serangkaian tur Eropa dengan hasil buruk. Mereka kandas di babak kedua oleh pasangan Jepang no. 24 dunia, Akira Koga/Taichi Saito, di German Open dan Swiss Open.

Aaron/Wooi Yik baru sekali mencapai final final BWF World Tour, yakni di Inda Open pada Januari, dari enam turnamen yang mereka jalani sejauh musim ini.

Berkaca dari catatan tersebut, Aaron Chia/Soh Wooi Yik bertekad untuk mencapai semifinal di BAC 2023 yang akan diselenggarakan di Dubai pada 25-30 April 2023 mendatang.

Apa pun hasilnya di BAC, syukur-syukur jika sesuai target bisa menambah kepercayaan diri Aaron Chia/Soh Wooi Yik sebelum memulai peride Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

Selain Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Malaysia juga akan diwakili pasangan pelatnas BAM lainnya Man Wei Chong/Kai Wun Tee, yang comeback setelah India Open.

Datang sebagai non unggulan, Man Wei Chong/Kai Wun Tee akan menghadapi pasangan Thailand, Chaloempon Chaloernkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong di babak pertama.

Baca Juga

Jika berhasil melewatinya, mereka berpotensi menghadapi mantan juara dunia Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang di babak kedua.

Sementara ganda putra independen, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi akan menghadpai ganda putra kuda hitam dari India, M.R. Arjun/Dhruv Kapil.

Unggulan kedelapan tersebut juga berpotensi menghadapi jawara All England dan ganda putra nomor 1 dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari Indonesia di babak perempat final.

Baca Juga
MalaysiaBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita Bulutangkis

Berita Terkini