x

Kisah Inspiratif Toh Ee Wei: Tangguh Lawan TBC Tulang, Kini Jadi Ratu Bulutangkis Malaysia

Kamis, 20 April 2023 17:56 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Kisah inspiratif dari ratu ganda campuran Malaysia, Toh Ee Wei, yang tangguh memerangi sakitnya tuberkulosis tulang menuju kemenangan di Orleans Masters 2023.

INDOSPORT.COM – Kisah inspiratif dari ratu ganda campuran Malaysia, Toh Ee Wei, yang tangguh memerangi  sakitnya tuberkulosis tulang menuju kemenangan di Orleans Masters 2023.

Toh Ee Wei, namanya akhir-akhir ini melambung seiring dengan keberhasilannya dengan Chen Tang Jie sebagai juara turnamen bulutangkis Super 300 di Orleans Masters 2023.

Di final Orleans Masters 2023 pada Minggu (04/04/23) lalu, pasangan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei menjadi juara usai mengalahkan wakil Chinese Taipei, Ye Hong-wei/Lee Chia-shin.

Kemenangan itu menjadi yang perdana bagi Chen Tang Jie/Toh Ee Wei di ajang BWF World Tour sekaligus kado sejak mereka CLBK pada musim 2022.

Sebenarnya Chen Tang Jie/Toh Ee Wei memang sudah dipasangkan sejak masih junior. Namun mereka dicerai oleh pelatih usai keberhasilannya meraih perunggu Kejuaraan Dunia Junior 2018.

Baca Juga

Jadi keberhasilan di Orleans Masters 2023 tentunya menjadi harapan baru bagi Chen Tang Jie/Toh Ee Wei untuk bisa meraih banyak gelar di masa depan.

Tak sekadar terobosan karier, Orleans Masters 2023 agaknya menjadi ajang di mana penggemar bulutangkis melihat terbosoan hidup yang menginspirasi dari Toh Ee Wei.

Baca Juga

Dilansir dari beberapa media, termasuk Indian Express, Toh Ee Wei sejak setahun lalu berjuang melawan tuberkulosis (TBC) tulang.

Tuberkulosis tulang adalah penyakit yang menginfeksi atau menyerang tulang atau sendi. Toh Ee Wei didiagnosis penyakit itu pada usia 21 tahun.

Sebelumnya Toh Ee Wei menderita masalah sinus akut (sinusitis kronis) pada Februari 2019 lalu yang membuatnya menjalani operasi.

Baca Juga

1. Ketangguhan Mengalahkan Rasa Sakit

Ketangguhan mengalahkan rasa sakit, membuat partner Chen Tang Jie itu bisa menerjang semua pengobatan dan akhirnya sembuh.

Disebutkan dari Indian Express, TBC tulang sangat menyakitkan dan menyiksa hidup Toh Ee Wei. Dia bahkan harus meminum obat penghilang rasa sakit secara rutin untuk melawan penyakitnya.

Namun ketangguhan mengalahkan rasa sakit, membuat partner Chen Tang Jie itu bisa menerjang semua pengobatan dan akhirnya sembuh.

Toh Ee Wei bahkan mulai berlatih bulutangkis setelah dia menyelesaikan semua perawatan intensif di rumah sakit untuk TBC tulangnya.

Ketika berlatih kembali di pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tahun lalu, pelatih bahkan tidak memberikan program yang tidak membebaninya.

Hal yang pada akhirnya membuat Toh Ee Wei haru ketika bisa tampil di turnamen bulutangkis Internasional. Dia pernah berujar di sebuah wawancara kepada media Malaysia, The Star.

Baca Juga

“Saya senang bisa kembali (bertanding)setelah menderita TBC tulang selama delapan bulan,” ucap Toh Ee Wei melansir The Star.

“Saya menjalani rehabilitasi selama berjam-jam untuk kembali bugar. Saya sangat berterima kasih kepada pelatih dan fisioterapis saya yang mendukung saya selama episode kelam ini.”

Baca Juga

“Mereka tidak pernah untuk mendukung saya,” ujar Toh Ee Wei saat dia tampil di Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Karier Toh Ee Wei sejak saat itu semakin menanjak. Sempat dipasangkan dengan Hoo Pang Ron, Toh Ee Wei yang CLBK dengan Chen Tang Jie bisa berjaya menapaki tiga final pada paruh kedua musim 2022.

Terbaru, Toh Ee Wei bersama Chen Tang Jie berhasil menapaki podium satu di Orleans Masters 2023. Kemenangan yang disambut dengan penuh haru dan emosional.

Baca Juga

Sumber: Indian Express, The Star

MalaysiaBulutangkisBerita BulutangkisOrleans MastersChen Tang Jie/Toh Ee Wei

Berita Terkini