x

Singkirkan Lee Zii Jia, BAM Siapkan Penghancur Axelsen Jadi Ancaman di BAC 2023

Kamis, 20 April 2023 17:21 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
BAM tebar ancaman lewat penghancur Viktor Axelsen, Ng Tze Yong meski Lee Zii Jia menjadi tunggal putra utama jelang Badminton Asia Championships 2023.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tebar ancaman lewat penghancur Viktor Axelsen, Ng Tze Yong meski Lee Zii Jia menjadi tunggal putra utama jelang Badminton Asia Championships 2023.

Seperti diketahui, Lee Zii Jia telah memutuskan untuk keluar dari Pelatnas BAM pada Januari 2022 lalu serta memilih menjadi pemain independen.

Namun, Lee Zii Jia sendiri tetap menjadi tunggal putra nomor satu di Malaysia yakni saat ini bertengger di top lima ranking BWF yakni di peringkat 4 dunia.

Sementara tunggal putra nomor dua Malaysia yakni Ng Tze Yong tak kalah menuai sorotan. Apalagi usai dirinya mengalahkan Viktor Axelsen di All England 2023.

Kendati demikian, kualitas permainan Ng Tze Yong masih belum sepadan dengan Lee Zii Jia jelang berlaga di Badminton Asia Championships 2023.

Baca Juga

Namun, BAM percaya diri, Ng Tze Yong mampu membuat kejutan di Badminton Asia Championships yang dijadwalkan digelar 25 hingga 30 April mendatang.

“Secara fisik dia sudah siap. Cuma sekarang kita tinggal mempersiapkan diri untuk mencari kekurangan di permainannya dan pukulan-pukulan yang disukainya,” tutur pelatih tunggal BAM, Wong Choong Hann.

Baca Juga

“Ini menjadi penting untuk meningkatkan lagi keyakinannya dalam hal pukulan. Kami percaya dia bisa beraksi (di BAC) dengan penampilan terbaiknya,” sambung Wong Choong Hann.

Tentu, persiapan yang dilakukan Ng Tze Yong bersama pelatih di BAM berbanding terbalik dengan Lee Zii Jia yang saat ini berstatus tanpa pelatih.

Menjelang Badminton Asia Championships, Lee Zii Jia hanya berlatih bersama pemain veteran Liew Daren yang hanya sebagai rekan sparring saja.

Baca Juga

1. Kans Tunggal Malaysia di BAC 2023

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Sebagai informasi, Malaysia hanya mengirimkan dua wakil di sektor tunggal putra yakni Lee Zii Jia (unggulan ketiga) dan Ng Tze Yong.

Tentu, Pelatnas BAM menyiapkan sebaik mungkin tunggal nomor satunya yakni Ng Tze Yong untuk meraih prestasi terbaik meski akan berhadapan dengan lawan tangguh sejak babak pertama.

Penakluk Viktor Axelsen itu akan bersua dengan pebulutangkis Hong Kong, Lee Cheuk Yiu di babak pertama yang akan menjadi ujian berat bagi Tze Yong.

Bagaimana tidak, Lee Cheuk Yiu berada di ranking 20 dunia sementara Tze Yong masih berkutat di ranking 25 dunia. Namun, bukan hal mustahil tunggal nomor satu BAM itu membuat kejutan.

Sementara jika sukses melaju ke babak kedua, penakluk Viktor Axelsen itu akan bersua dengan pemenang antara Shi Yuqi vs Jonatan Christie.

Baca Juga

Harapan untuk menang tentu semakin tipis bagi Ng Tze Yong. Baik Shi Yuqi mau pun Jonatan Christie dikenal sebagai tunggal putra papan atas dunia.

Beda cerita dengan Lee Zii Jia yang diuntungkan karena berstatus sebagai unggulan ketiga. Sang juara bertahan ini akan menghadapi lawan-lawan non unggulan di babak pertama.

Baca Juga

Namun, dengan penurunan performa Lee Zii Jia jelang Badminton Asia Championships, agaknya kurang meyakinkan jika pebulutangkis Malaysia ini dapat mempertahankan gelar.

Pada babak pertama, ia akan menghadapi Ng Ka Long Angus yang pernah mengalahkannya di turnamen bulutangkis level super 500, Indonesia Masters.

Maka dari itu, menarik disaksikan kiprah Ng Tze Yong dan Lee Zii Jia sebagai wakil Malaysia namun beda nasib di Badminton Asia Championships 2023.

Baca Juga

Sumber: BHarian

Viktor AxelsenBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaNg Tze YongBerita Bulutangkis

Berita Terkini