x

BWF Lanjut Cekal Atlet Rusia dan Belarusia, Olimpiade 2024 Jadi Sebatas Angan?

Selasa, 25 April 2023 22:41 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) memperpanjang sanksi larangan bertanding bagi atlet Rusia dan Belarusia di ajang World Tour. Olimpiade 2024 jadi sebatas angan?

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) memperpanjang sanksi larangan bertanding bagi atlet Rusia dan Belarusia di ajang World Tour. Olimpiade 2024 jadi sebatas angan?

Pelarangan BWF untuk atlet Rusia dan Belarusia di tur internasional diperpanjang. Menurut rapat dewan BWF pada Kamis (20/04/23), larangan dilatarbelakangi invasi Rusia ke Ukraina dan masalah kemanan.

Artinya atlet Rusia dan Belarusia kemungkinan besar tidak dapat berpartisipasi dalam kualifikasi Olimpiade Paris yang akan dimulai pada Mei 2023 sampai 28 Mei 2024.

Sikap pelarangan bertanding ini mencerminkan niat BWF untuk menjunjung tinggi integritas pertandingan dan keamanan pemain.

“BWF memutuskan untuk mempertahankan larangan tanding untuk atlet serta ofisial Rusia dan Belarusia dalam berbagai ajang internasional BWF,” tulis BWF dalam instagram resmi.

Baca Juga

“Keputusan tersebut menunjukkan intensi inti BWF untuk menjaga integritas kompetisi bulutangkis dan memastikan keselamatan seluruh atlet.”

BWF menyoroti kemungkinan terburuk yang dialami pemain Rusia dan Belarusia terkait potensi partisipasi di Olimpiade 2024.

Baca Juga

“Mengingat risiko yang mungkin  dialami pemain dan turnamen serta kemungkinan munculnya bentuk persekusi lain terkait munculnya bentuk persekusi lain terkait kualifikasi Olimpiade dan potensi partisipasi di Paris 2024, maka BWF melihat tidak ada pembenaran untuk mencabut sanksi kepada pemain Rusia dan Belarusia saat ini.”

“BWF senantiasa menunjukkan dukungan kepada rakyat Ukraina yang bertentangan dengan nilai dasar dan tujuan BWF dalam menciptakan perdamaian.”

“Sangat disesalkan ketika pebulutangkis dilarang bertanding karena konflik geo-politikal serta intervensi pemerintah. Akan tetapi, hal itulah yang harus diterima BWF sata ini demi menjunjung tinggi peran dalam menjaga integritas dan memastikan keselamatan seluruh atlet,” pungkas BWF.

Baca Juga

1. Atlet Bulutangkis Rusia-Belarusia Hiatus Setahun Lebih

Atlet Bulutangkis Rusia-Belarusia hiatus setahun lebih sejak dilarang BWF dampak dari invasi ke Ukraina.

BWF telah melarang pemain Rusia dan Belarusia untuk bertanding di turnamen internasional sejak tahun lalu. Tepatnya setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Kamis (24/02/22).

Larangan bertanding itu disebut tanpa batas waktu, namun disinyalir akan diberlakukan pencabutan begitu perang itu mereda.

Namun nyatanya perang  Rusia ke Ukraina tak kunjung usai bahkan sampai saat ini hingga BWF memperpanjang larangan bertanding tersebut.

Sebenarnya sempat beredar pemberitaan jika Komite Olimpiade International (IOC) memberi lampu hijau kepada atlet Rusia dan Belarusia ambil bagian di pesta olahraga Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Peraturan ini berpotensi membolehkan atlet Rusia dan Belarusia mengikuti acara kualifikasi Olimpiade dengan sejumlah syarat. Meski IOC tidak menjamin mereka bisa lolos dengan mudah.

Baca Juga

“Setelah berkonsultasi (dengan pemangku kepentingan Olimpiade), sebagian besar meminta IOC melanjutkan eksplorasi konsep yang disebutkan di atas melalui konsultasi bilateral, dengan masing-masing Federasi Internasional menjadi otoritas tunggal untuk kompetisi internasionalnya,"demikian penyataan IOC melansir Daily Mail.

Namun pernyataan UCO terkait atlet Rusia dan  Belarusia itu mendapatkan kecaman dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, dalam sebuah pidato pada Minggu (29/01/23).

Baca Juga

Sampai detik ini, ada sejumlah cabang olahraga (cabor) yang melarang atlet-atlet dari Rusia dan Belarusia mengikuti kualifikasi Olimpiade 2024.

Selain bulutangkis melalui BWF, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) disebut juga melarang tim bola basket putra Rusia dan Belarusia tampil di turnamen kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris.

Baca Juga

Sumber: Instagram BWF, Daily Mail

RusiaBWFBelarusiaOlimpiade 2024BulutangkisBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini