x

BAC 2023: Alot Tekuk Kuda Hitam, Ana/Tiwi Akui Emosional Soal ‘Drama’ Hakim Garis

Rabu, 26 April 2023 21:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Bungkam sang rival, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun, di babak 32 besar BAC 2023, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akui kesal drama hakim garis.

INDOSPORT.COM – Bungkam sang rival, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun, di babak 32 besar BAC 2023, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akui kesal drama hakim garis.

Diketahui, ganda putri Indonesia ranking 18 dunia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi meraih tiket ke babak 16 besar Badminton Asia Championships 2023 (BAC) usai mengalahkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun.

Bertanding di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Rabu (26/04/23), Ana/Tiwi, sapaan akrab bintang bulutangkis Indonesia itu menang dengan susah payah. Skor akhir 23-21, 14-21, 21-15.

Gim pertama berjalan tidak begitu mudah untuk Ana/Tiwi. Mereka bahkan sempat tertinggal cukup jauh, 4-8. Namun perlahan Ana/Tiwi bisa menipiskan ketertinggalan, bahkan berbalik unggul.

Sempat unggul 19-8, ada protes keras dilayangkan Tiwi kepada hakim garis lantaran bola lawan yang dianggapnya out, justru diputuskan berseberangan.

Baca Juga

Kondisi yang pada akhirnya membuat wakil Chinese Taipei menambah poin dan menyamakan kedudukan 19-19.  Tiwi sempat terbawa emosi hingga membanting shuttlecock.

Meski demikian, Ana/Tiwi berusaha untuk kembali fokus dan akhirnya memenangkan gim pertama yang krusial. Di gim kedua, Ana/Tiwi terus tertekan, dan akhirnya lawan memaksa rubber.

Baca Juga

Beruntung di gim ketiga, meskipun sempat tertinggal, variasi pukulan dan serangan, sukses mengantarkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi pada kemenangan 21-15.

Usai kemenangan di babak pertama Badminton Asia Championships 2023 (BAC), Ana/Tiwi mengakui bahwa dia sempat dibuat kesal dengan drama hakim garis yang bertugas.

“Tadi Tiwi emang agak emosional saat keputusan hakim garis yang keliru di poin kritis game pertama. Tapi saya ingatkan bahwa pertandingan belum selesai, belum game. Jadi ayo fokus cari poin lagi. Alhamdulillah tadi bisa menang di gim pertama,” ujar Febriana dalam rilis resmi PBSI.

Baca Juga

1. Pengakuan Tiwi

Amalia Cahaya Pratiwi mengaku kesal dengan kejadian dan keputusan hakim garis di pertandingan babak 32 besar Badminton Asia Championships 2023 tadi.

Hal yang sama juga diakui oleh Amalia Cahaya Pratiwi yang mengaku kesal dengan kejadian dan keputusan hakim garis di pertandingan babak 32 besar Badminton Asia Championships 2023 tadi.

“Tadi saat kejadian itu memang sudah kesal sekali tapi saya bisa kembali fokus dan melupakan hal tersebut. Karena kan tanggung sudah poin kritis dan masih ada kesempatan untuk ambil gamenya. Saya juga ditenangkan oleh partner dan pelatih, itu cukup membantu,” ujar Amalia Cahaya Pratiwi.

Meski bisa memenangkan gim pertama, namun Febriana Dwipuji Kusuma mengakui bahwa permainannya hari ini di BAC 2023 memang belum sepenuhnya yang dimau.

“Hari ini kami belum enak mainnya, pola yang diinginkan kadang dapat, kadang hilang lagi,” sambung Febriana Dwipuji Kusuma.

Sampai akhirnya mereka menyadari  kesalahannya dan tidak mau terpancing dengan pola-pola bermain lawan yang berseberangan.

Baca Juga

“Kami memang tidak mau ikut permainan lawan, mereka kan mainnya bola-bola panjang kan. Kami tidak mau meladeni dan itu berhasil di gim pertama dan kedua. Sementara di gim kedua, kami masuk ke pola mereka,” Amalia Cahaya Pratiwi menambahkan.

Selanjutnya, di babak 16 besar Badminton Asia Championships 2022 (BAC), Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan berjumpa bintang bulutangkis Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Baca Juga

Kim So-yeong/Kong Hee-yong sendiri sukses lolos ke babak 16 besar BAC 2023 usai menyumbangkan pebulutangkis Jepang, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi dengan skor 18-21, 21-18, 22-20.

Menghadapi unggulan ketiga, tentu tidak mudah bagi Ana/Tiwi. Apalagi di Denmark Open 2022 lalu, Ana/Tiwi sempat kalah. Persiapan matang pun diupayakan oleh Ana/Tiwi menghadapi esok hari.

“Besok kami harus lebih baik lagi, persiapan harus lebih matang lagi,” pungkas Febriana Dwipuji Kusuma dalam rilis PBSI.

Baca Juga

Sumber: PBSI

Badminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Berita Terkini