x

Profil Komang Ayu, Si Cantik Idola Netizen yang Tampil Gemilang di BAC 2023

Kamis, 27 April 2023 09:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Komang Ayu Cahya Dewi saat ini tengah berpartisipasi di Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Profil dan perjuangan Komang Ayu Cahya Dewi, salah satu wakil Indonesia yang berhasil lolos ke 16 besar Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Untuk sampai ke titik ini, Komang Ayu pun menempuh jalan yang sedikit berliku. Pasalnya, ia harus mengawali turnamen dari putaran kualifikasi.

Akan tetapi, keberuntungan kemudian menghampiri gadis asal Bali ini, yang menempatkannya di drawing utama setelah Ratchanok Intanon mundur dari turnamen.

Tidak ayal, kesempatan promosi ini pun tidak disia-siakan Komang Ayu yang berhadapan dengan tunggal putri India, Aakarshi Kashyap, di 32 besar.

Serangan bertubi-tubi dan determinasi yang tinggi dari Komang Ayu sepanjang pertandingan pada akhirnya membuat Aakarshi Kashyap tidak berkutik.

Baca Juga

Pertandingan antara keduanya berakhir setelah dua gim, masing-masing dengan skor 21-6 dan 21-12. Komang Ayu pun berhak melaju ke 16 besar.

Di sinilah tantangan besar lainnya sudah menanti di depan mata, lantaran ada Gregoria Mariska yang siap menjegal langkah rekan senegaranya tersebut.

Baca Juga

Sebelumnya, Grego memang sempat berharap bisa bersua Komang jika lolos ke 16 besar Badminton Asia Championships (BAC 2023), yang akhirnya terkabul.

Grego sendiri melaju ke 16 besar setelah mengalahkan tunggal putri Chinese Taipei, Pai Yu Po, dengan skor akhir 19-21, 21-11, 21-7.

Dengan situasi ini, Indonesia dipastikan mengirim satu wakilnya di perempat final tunggal putri, meski sebelumnya tidak menempatkan satu pun pemain di daftar unggulan.

Baca Juga

1. Jadi Idola Netizen dan Persiapan SEA Games

Komang Ayu juga akan berlaga di SEA Games 2023. Foto: PBSI.

Melaju ke 16 besar Badminton Asia Championships (BAC 2023) merupakan pencapaian penting sekaligus berharga bagi seorang Komang Ayu Cahya Dewi. Hal ini bahkan makin membuat netizen mendadak mengidolai Komang Ayu yang memang berparas cantik. 

Dalam waku dekat ia juga akan berlaga di SEA Games 2023 bersama Stephanie Widjaja, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Di SEA Games 2023 pun skuad Indonesia pasti diharapkan meraih hasil terbaik, mengingat kekuatan tim harus terpecah dengan ajang Piala Sudirman.

“Pastinya skuad muda, jadi saya mau hasil yang terbaik,” ucap Komang Ayu saat sesi buka bersama di Pelatnas Cipayung, Rabu (12/04/23) lalu.

“Harus bawa pulang medali baik di beregu maupun individu,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Rapor dan pengalaman yang mumpuni di Badminton Asia Championships (BAC 2023) pun jadi bekal bagus bagi Komang Ayu untuk bertanding di Kamboja nanti.

Selain itu, ia juga berpeluang besar menunjukkan potensinya sebagai salah satu pebulutangkis muda yang bisa diandalkan Indonesia pada masa mendatang.

Baca Juga

Apalagi, sebelum sampai di titik sekarang ini Komang Ayu telah menimba cukup banyak ilmu selama berkarier di dunia bulutangkis.

Salah satu yang mungkin paling diingat adalah medali perak di sektor tunggal dan perunggu di sektor beregu putri bersama Bali di PON XX Papua 2021.

Selain itu, namanya juga sempat mencuat ke permukaan saat menjadi bagian skuad Piala Uber yang bertanding di edisi 2022 lalu.

Baca Juga

2. Menunggu Kesuksesan

Tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi. Foto: PBSI.

Ia mencatatkan namanya sebagai penentu kemenangan pertama Indonesia di babak penyisihan grup melawan Prancis. Bertanding melawan Qi Xuefei, Komang Ayu berhasil memenangkan pertandingan lewat tiga gim 22-20, 19-21, 21-18.

Hasil inilah yang kemudian membantu skuad Piala Uber Indonesia membabat Prancis di pertandingan Grup A dengan kedudukan 5-0.

Saat ini dengan usianya yang masih muda, jalan Komang Ayu menuju kesuksesan sudah terbentang di depan mata.

Badminton Asia Championships (BAC 2023) dan SEA Games bisa menjadi ajang untuk menggapai itu semua tahun ini - yang mana bukan misi mudah untuk ditaklukkan.

Komang Ayu Cahya Dewi merupakan pemain asal Bali yang pernah menjuarai Superliga Junior 2018, Djarum Sirnas Kaltim Open 2018, dan USM Flypower 2017 saat ia remaja.

Ia juga pernah melangkah ke semifinal Italian Junior Inaternational Challenge 2020, namun turnamen ini terpaksa dihentikan karena pandemi Covid-19.

Sebelum BAC 2023, Komang Ayu berpartisipasi di turnamen Thailand Masters pada Januari-Februari lalu. Ia finis di 32 besar usai ditekuk wakil Chinese Taipei, Hsu Wen Chi.

Di BAC 2023, ia dijadwalkan bersua Gregoria Mariska pada Kamis (27/04/23). Pertandingan keduanya akan dimainkan di Court 2.

Tentu patut dinanti apakah Komang Ayu bisa melalui BAC 2023 dengan rapor apik sebelum berlaga di SEA Games bulan depan.

Sumber: bwfbadminton, badmintonasia

Gregoria MariskaBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisKomang Ayu Cahya Dewi

Berita Terkini