x

Meski Digembosi China di Semifinal BAC 2023, Dejan/Gloria: Hasilnya Tetap Bagus

Minggu, 30 April 2023 11:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda campuran andalan Indonesia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja kandas di semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Meski kalah dari ganda campuran asal China di semifinal turnamen Badminton Asia Championships 2023, Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja tetap puas.

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang tampil di semifinal Badminton Asia Championships 2023.

Bertanding di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Sabtu (29/04/23) petang, Dejan/Gloria harus kandas di tangan ganda campuran China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Sempat bermain imbang 6-6, Dejan/Gloria kehigilangan momentum dan pada interval game pertama, Jiang/Wei memimpin 11-7.

Selepas interval, Jiang/Wei memperlebar selisih poin saat kedudukan 15-9. Namun, Dejan/Gloria bisa bangkit lewat raihan lima poin beruntun, sehingga skor mepet 15-14.

Baca Juga

Dalam kondisi tersebut, Jiang/Wei bisa merespons situasi dengan baik. Ganda asal China itu merebut tiga angka beruntun dan memimpin 18-14, lalu menyelesaikan game pertama dengan skor 21-17.

Memasuki game kedua, Dejan/Gloria mulai memimpin 3-1. Namun setelah itu mereka tertinggal 4-9 dan kehilangan enam angka beruntun. Dejan/Gloria tertinggal 7-11 saat interval kedua.

Baca Juga

Selepas interval, Dejan/Gloria berusaha keras mengejar ketinggalan. Pasangan binaan PB Djarum sempat memperkecil selisih poin pada kedudukan 13-15.

Namun setelah momen itu, Jiang/Wei kembali merebut empat angka beruntun sehingga skor menjauh dengan skor 19-13.

Dejan/Gloria sempat merebut dua angka, tetapi Jiang/Wei lalu sukses mendapatkan match point di angka 20-15. Kesempatan itu dimaksimalkan oleh Jiang/Wei, mereka pun menang 21-15 di game kedua.

Baca Juga

1. Dejan/Gloria Ambil Pelajaran Berharga

Pasangan ganda campuran Indonesia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. Foto: PBSI

Kekalahan ini membuat Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja belum berhasil melenggang ke final Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Namun, Dejan/Gloria mengaku bersyukur lantaran sudah melaju ke semifinal, berkat kerja keras dan latihan intensif yang mereka lakukan sebelum bertolak ke Dubai.

"Dari babak pertama hingga partai perempat final kemarin, kami merasa performa kami sudah baik, tapi hari ini performa kami menurun," ucap Gloria.

"Kami belum tahu faktornya apa, nanti setelah ini kami akan diskusi dengan pelatih. Tapi overall, dengan persiapan yang bagus ini, hasilnya juga bagus," tegas Gloria lagi.

Senada dengan Dejan Ferdinansyah, ia mengaku sudah puas saat berhasil melaju ke babak semifinal BAC 2023, walau pada akhirnya mereka digembosi wakil China.

Baca Juga

"Tetap bersyukur dengan hasil ini, bisa sampai di semifinal. Hari ini kami akui lawan lebih siap, mereka sudah in sejak awal dan kami terus tertekan," kata Dejan usai laga.

"Di game pertama maupun kedua, kami sudah mencoba melakukan semua cara untuk keluar dari tekanan, tapi memang belum berhasil," lanjut atlet 23 tahun itu.

Baca Juga

Ada pelajaran berharga yang didapatkan Dejan saat akhirnya mereka kalah di babak semifinal BAC 2023, yakni bagaimana untuk keluar dari tekanan saat pola permainan tidak sesuai dengan strategi mereka.

"Di lapangan, saat kami tidak mendapatkan pola yang kami mau, kami harus belajar menyelesaikannya," ucap Dejan lagi.

"Karena adakalanya, situasi di lapangan berbeda dengan ekspektasi kami," tuntas anak didik mantan pebulu tangkis nasional, Vita Marissa tersebut.

Baca Juga
ChinaBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisWei YaxinDejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja

Berita Terkini