x

Final BAC 2023: Usai Perang Urat Saraf, Ginting dan Loh Kean Yew Jadi Bestie

Senin, 1 Mei 2023 14:59 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Ada momen menyentuh hati di balik partai final ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023, antara Anthony Sinisuka Ginting vs Loh Kean Yew.

Anthony Sinisuka Ginting jadi satu-satunya wakil Indonesia yang berlaga di final Badminton Asia Championships 2023 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai.

Beruntung Anthony Ginting bisa mengatasi beban yang ia sandang dengan gelar juara dan medali emas dari sektor tunggal putra.

Kepastian Anthony Ginting meraih juara BAC 2023, didapat setelah pebulu tangkis nomor dua dunia itu mengalahkan pemain andalan Singapura, yakni Loh Kean Yew.

Bahkan, pebulu tangkis asal Cimahi itu tak mengalami kesulitan berarti saat meladeni Loh Kean Yew di partai final BAC, Minggu (30/04/23). Ia menang dalam dua set.

Baca Juga

Dalam kurun 28 menit saja, Anthony Ginting sukses membungkam Loh Kean Yew dalam dua game sekaligus, skor 21-12 dan 21-8. Ia berhak naik podium tertinggi di BAC 2023.

Menariknya, meski Loh Kean Yew terlihat frustrasi menghadapi teknik kelas berat yang dilakukan Anthony Ginting, permusuhan itu hanya terlihat saat pertandingan final saja.

Baca Juga

Sesaat setelah wasit memastikan Ginting menjadi juara, Loh Kean Yew pun kembali bersahabat dengan pemain Indonesia itu.

Mereka bahkan bercengkrama sembari tertawa, dan Loh Kean Yew dengan sabar menunggu Ginting untuk berganti jersey, sebelum berfoto bersama di podium.

Baca Juga

1. BL Terpesona Loh Kean Yew

Pebulu tangkis tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Persahabatan antara Anthony Sinisuka Ginting dan Loh Kean Yew yang terlihat di final Badminton Asia Championships 2023 membuat para pencinta bulutangkis merasa adem.

Mereka melihat Anthony Ginting selalu dihormati oleh lawan-lawannya, sementara Loh Kean Yew adalah atlet yang 'easy going' dan bisa berteman dengan siapa saja.

"Engak tahu apa yang mereka lagi omongin, tapi senang mereka masih akrab walaupun Loh Kean Yew benar-benar dikasih skor Afrika tadi," ungkap akun @fto.sports yang langsung disukai oleh ribuan netizen lain.

"Ginting ini sosok yang sangat friendly. Selain Kento Momota, Anders Antonsen, sekarang Loh Kean Yew juga mulai dekat sama Ginting," timpal akun @rinades****.

"Loh Kean Yew attitude-nya patut diacungi jempol, dalam kondisi apa pun tetap manis dalam bersikap," balas @hawacahy****.

Baca Juga

"Loh Kean Yew itu orangnya emang positive vibes, dia main itu selalu enjoy, biar kata kalah tetap senyum, nggak pernah pasang muka asem ke lawan mana pun," komentar dari pemilik akun Instagram @widieemo****.

"Loh Kean Yew memang bestie dan fansnya Ginting. Makanya makin bahagia bila dekat sama Ginting," balas akun IG @julian****.

Baca Juga

"Loh Kean Yew kan bisa bahasa Melayu, rata-rata orang Singapura pandai bahasa Melayu, jadi bisa nyambunglah kalau mereka bicara," kata @_bang****.

Sayangnya, setelah ini Anthony Sinisuka Ginting akan berlaga di Piala Sudirman 2023, sementara Loh Kean Yew menjadi andalan Singapura di SEA Games 2023.

Besar kemungkinan kedua 'bestie' ini tidak akan bertemu dalam turnamen terdekat, karena jadwal Piala Sudirman dan SEA Games 2023 sangat berdekatan.

Baca Juga

Sumber: instagram/fto.sports

Anthony Sinisuka GintingAnthony GintingBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisLoh Kean YewBadminton Lovers (BL)

Berita Terkini