x

Dewan BWF Heran Momota Absen di Piala Sudirman, BL: Ginting dan Jojo Mujur!

Rabu, 3 Mei 2023 12:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Absennya Kento Momota di skuat Jepang untuk Piala Sudirman 2023 membuat anggota dewan BWF, Bambang Rudyanto, bertanya-tanya hingga dihibur netizen. Foto: bwfworldchampionships.bwfbadminton

INDOSPORT.COM – Absennya Kento Momota di skuat Jepang untuk Piala Sudirman 2023 membuat anggota dewan BWF, Bambang Rudyanto, bertanya-tanya hingga dihibur netizen.

Sampai-sampai ada netizen yang menyatakan situasi Kento Momota kali ini untungnya tidak diikuti oleh dua tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Bambang Rudyanto melalui akun pribadi Twitter- pribadinya pada Selasa (2/5/23), mengunggah cuitan yang menyoroti komposisi skuat Jepang di Piala Sudirman 2023.

Jepang sendiri berstatus sebagai unggulan kedua di Piala Sudirman dan tergabung di Grup D tergabung dengan Korea Selatan, Prancis dan Inggris.

Kento Momota dipastikan tidak memperkuat Jepang untuk ajang supremasi beregu campuran yang akan berlangsung di Suzhou, China, 14-21 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga

“Sudirman Cup: Momota saja tidak masuk tim Jepang,” tulis Bambang Rudyanto.

Bukan tanpa alasan, Bambang Rudyanto tampaknya agaknya cukup menyayangkan absennya Momota yang sudah tidak kali mempersembahkan medali perak untuk Jepang di ajang ini.

Baca Juga

Diketahui, dari empat kesempatan sejak debutnya pada 2015, Momota baru sekali absen di 2017. Tiga penampilannya selalu berhasil membawa pulang medali.

Namun, absennya Momota kali ini cukup wajar karena Momota telah merosot peringkatnya hingga ke urutan 21 dunia, sejak dirinya lengser dari takhta nomor 1 dunia tahun lalu.

Selain itu, performa yang menurun drastis dari Momota dalam setahun terakhir disinyalir menjadi salah satu alasan dirinya tidak ikut ke Piala Sudirman.

Baca Juga

1. Dipikul Kodai, Kenta, Kanta

Kodai Naraoka, pebulutangkis tunggal putra asal Jepang

Di sepanjang tahun ini, Kento Momota hanya mengikuti tiga turnamen yakni India Open, Indonesia Masters, German Open dan All England.

Pencapaian terbaik Momota hanyalah mampu mencapai babak semifinal German Open 2023 sebelu dirinya dikalahkan oleh wakil China, Li Shi Feng.

Dengan absennya Momota di Piala Sudirman 2023, Jepang kemudian akan mengandalkan tiga tunggal putra terbaiknya saat ini. Salah satunya Kodai Naraoka.

Dipilihnya Kodai Naraoka di Piala Sudirman ini tak lepas dari gebrakan yang dibuat pemain berusia 21 tahun ini dalam enam kompetisi terakhir selama tahun 2023.

Prestasi terbaik yang diraih oleh Kodai Naraoka adalah finis sebagai runner-up di Malaysia Open 2023 lalu yang mana ia digeprek Viktor Axelsen 6-21, 15-21.

Baca Juga

Sampai akhirnya, Kodai Naraoka secara mengejutkan merangsek peringkat 3 dunia, menggusur Jonatan Christie yang terjun ke posisi keenam pada ranking BWF terbaru per 2 Mei 2023.

Selain Kodai Naraoka, Jepang di Piala Sudirman 2023 juga akan diperkuat dua tunggal putra peringkat 20 besar lainnya yakni Kenta Nishimoto (13) dan Kanta Tsuneyama (14).

Baca Juga

Atas absennya Momota di Piala Sudirman 2023 kali ini, penggemar bulutangkis (BL) lantas membandingkannya dengan Anthony Ginting dan Jonatan yang selalu jadi tulang punggung Indonesia.

“Kapan hari performa onik anjlok2nya, makasih bgt buat pelatih yg masih percaya shg bikin onik better yang akhirnya bisa jagain kepercayaan pelatihnya. Tapi yah, Kemot udah cukup lama jadi single fighter Jepang terus dan bagusnya tidak lama diisi sama penerusnya yg ttp wajib diantisipasi,” tulis akun @lipodiana.

“Karena persaingan MS Jepang ketat bamget. Beruntung Ginting & Jojo yg masih kuat di posisi MS 1 & 2 Indonesia pas mereka sedang underperform. Semoga Momota bisa menemukan permainan terbaiknya lagi, dan Ginting & Jojo bisa konsisten & meningkatkan prestasinya lagi,” akun @sunflowerdo menambahkan.

“Realistis, dilihat dari performa setahun kebelakang plus rank Momota yang anjlok. Kecuali Jepang nggak punya stok MS pasti masuk team. Momota manfaatin wktu aja buat latihan utk race to Olympic Games,” tulis akun A_saputra19.

Baca Juga
JepangPiala SudirmanKento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisBambang Rudyanto

Berita Terkini